CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 7 Maret 2016 05:00

Cara mengisi baterai smartphone lebih cepat tanpa bantuan aplikasi

Setelah mencobanya, Anda akan merasakan peningkatan kecepatan pengisian daya hingga hampir 30 menit.

Cara mengisi baterai smartphone lebih cepat tanpa bantuan aplikasi

Techno.id - Kabar gembira untuk Anda yang smartphone-nya tidak dilengkapi dengan teknologi fast charging. Saat ini, Anda dapat mengisi baterai smartphone lebih cepat tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Pasalnya, salah satu fitur pada smartphone Anda sebenarnya juga dapat melakukan pengisian daya baterai lebih cepat dari biasanya.

Bagaimana caranya? Anda bisa mengisi baterai smartphone lebih cepat dengan cara mengaktifkan mode airplane. Jadi, saat mengisi daya baterai smartphone, Anda disarankan untuk tidak menghidupkan segala macam koneksi, baik itu koneksi internet maupun koneksi jaringan seluler. Hal ini sama saja seperti 'membunuh' fungsi dari smartphone, tetapi berdampak positif pada kecepatan pengisian daya.

Pengisian daya baterai dengan mengaktifkan mode airplane memang terbukti dapat meningkatkan kecepatan. Hal ini dibuktikan oleh WonderHowTo (6/3/2016), yang melakukan percobaan pada smartphone Nexus 6P. Dalam pengujian selama 15 menit, terjadi perbedaan yang cukup berarti. Smartphone yang diisi ulang dayanya secara normal hanya meningkat 11 persen, sementara pengisian dengan mode airplane mencapai 14 persen.

Ini mungkin tidak sesuai dengan harapan di benak Anda. Namun, Anda harus ingat bahwa pengisian tersebut hanya dilakukan selama 15 menit. WonderHowTo mengatakan, jika Anda melakukan pengisian mulai dari kapasitas 0 persen hingga 100 persen, maka Anda akan melihat perbedaannya.

Ternyata benar, setelah diuji coba untuk mengisi baterai smartphone dari kapasitas 0 persen hingga 100 persen secara normal, maka akan memakan waktu hingga 136 menit. Sementara saat menggunakan mode airplane dari 0 persen hingga 100 persen hanya memakan waktu 107 menit. Hal ini tentunya dapat meningkatkan waktu lebih cepat hingga hampir 30 menit.

WHAT TO READ NEXT ?