Samsung rilis aplikasi Camera Assistant, ini daftar fitur utamanya

Samsung rilis aplikasi Camera Assistant, ini daftar fitur utamanya

Techno.id - Tidak hanya terkenal dalam memproduksi barang elektronik keperluan harian seperti smartphone, tablet, laptop, monitor, serta sederet perabot rumah tangga, Samsung juga merilis beberapa software pendukung untuk ponsel pintar mereka.

Belum lama ini Samsung merilis sebuah aplikasi yang digunakan untuk memberikan pengalaman lebih pada setiap pengguna smartphone khususnya di bagian kamera. Samsung Camera Assistant merupakan sebuah software terbaru yang dirancang untuk meningkatkan kualitas dan kemudahan setiap pengguna smartphone saat menangkap gambar dan video.

Aplikasi satu ini memang belum dirilis secara resmi untuk smartphone Samsung. Namun informasi tentang fitur, ukuran, dan pilihan bahasa telah terpampang pada situs resmi Galaxy Store. Seperti yang telah dijelaskan di atas, Camera Assistant menyediakan sederet fitur unggulan yang nantinya bisa digunakan untuk memperindah hasil jepretan serta memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut daftar fitur dari aplikasi Samsung Camera Assistant.

Fitur Samsung Camera Assistant

Samsung rilis aplikasi Camera Assistant, ini daftar fitur utamanya

foto: galaxystore.samsung.com

Samsung Camera Assistant merupakan sebuah aplikasi kamera pendukung yang ditujukan untuk memudahkan setiap pengguna smartphone khususnya dari brand tersebut. Meski belum dirilis secara masal melalui Galaxy Store pada smartphone, Samsung Camera Assistant sudah terpampang pada situs resmi Galaxy Store jika dibuka menggunakan browser laptop maupun komputer.

Beberapa informasi terkait fitur, ukuran aplikasi, dukungan bahasa dan versi telah terpampang pada situs resminya. Untuk mengulas fitur dan beberapa informasi lengkap mengenai Samsung Camera Assistant, simak ulasan berikut.

1. Auto HDR

Fitur pertama yang ada pada Camera Assistant adalah Auto HDR. Fitur satu ini membuat smartphone yang digunakan untuk menangkap gambar bisa menghasilkan jepretan yang lebih tajam khususnya pada bagian gelap dan terang. Tidak hanya bisa digunakan untuk menangkap gambar, Auto HDR juga dapat digunakan pada saat merekam video.

2. Soften pictures

Sesuai namanya, Soften pictures merupakan sebuah fitur tambahan yang bisa digunakan untuk membuat tangkapan gambar tampak lebih tajam. Pada beberapa smartphone Samsung, kualitas gambar yang yang dihasilkan memang tidak terlalu tajam khususnya pada bagian tepian objek. Dengan hadirnya fitur ini, setiap pengguna tentu bisa menghasilkan foto yang lebih tajam saat membutuhkannya.

3. Auto lens switching

Fitur satu ini bisa dibilang sangat berguna bagi penggemar fotografi maupun videografi menggunakan smartphone Samsung. Pada website resminya, Samsung menuliskan bahwa Auto lens switching merupakan fitur yang berguna untuk memindah lensa secara otomatis saat melakukan zoom. Sederhananya, fitur ini akan mengganti lensa secara otomatis saat merekam objek yang jauh untuk menghasilkan gambar yang tetap mulus dan bagus. Hadirnya fitur satu ini tentu sangat berguna terlebih bagi pengguna yang sering mengabadikan banyak momen menggunakan smartphone Samsung.

4. Video recording in Photo mode

Pada dasarnya fitur ini bukan termasuk baru untuk dunia fotografi pada smartphone. Beberapa aplikasi sudah ada yang menggunakan fitur ini salah satunya WhatsApp. Inti dari fitur Video recording in Photo mode adalah memudahkan setiap pengguna dalam merekam video meski sedang memasuki mode foto. Hanya dengan menekan dan menahan tombol Shutter button, setiap pengguna bisa berganti dari mode foto ke video tanpa perlu menggeser menu yang ada.

5. Faster shutter

Faster shutter merupakan fitur yang mempengaruhi bukaan lensa kamera. Dengan bukaan lensa yang cepat, kamu bisa menghemat waktu untuk menangkap momen khususnya dalam bentuk foto. Meski terbilang bisa mempercepat proses foto, namun shutter speed yang rendah membuat kualitas gambar menjadi sedikit menurun. Pada beberapa momen mungkin fitur satu ini bisa dibilang sangat berguna. Namun jika digunakan setiap saat, rasanya fitur tersebut kurang bisa diandalkan.

6. Clean preview on HDMI displays

Fitur terakhir yang ada pada Samsung Camera Assistant adalah Clean preview on HDMI displays. Dengan memanfaatkan kabel HDMI sebagai penghubung antara smartphone dengan perangkat lain seperti laptop, komputer, atau smart TV, fitur Clean preview dapat bekerja untuk menghasilkan preview dengan kualitas tinggi. Fitur ini tentu penting bagi pengguna yang membutuhkan akurasi warna tinggi pada hasil jepretan untuk kemudian masuk ke dalam proses editing.

Dukungan perangkat

Samsung rilis aplikasi Camera Assistant, ini daftar fitur utamanya

foto: galaxystore.samsung.com

Meski belum bisa digunakan untuk smartphone, sekarang ini, namun Samsung Camera Assistant memiliki beberapa informasi penting yang perlu diperhatikan. Hingga artikel ini tayang, Samsung Camera Assistant telah mendukung bahasa English, Korean, Chinese Simplified, dan French.

Informasi lain seperti versi aplikasi serta ukurannya juga sudah terpampang pada website resmi Galaxy Store. Versi aplikasi saat ini adalah 1.0.00.5 (2022.11.14) dengan ukuran 8.04 MB saat aplikasi ini diinstal. Baik versi maupun ukuran aplikasi Samsung Camera Assistant tentu akan mengalami perubahan seiring waktu penggunaannya.


(brl/guf)