Review Oppo Reno7 Z 5G, cocok untuk bikin karya videografi

image

Techno.id - Bagi kamu yang hobi dengan dunia fotografi mobile, tentu sangat membutuhkan perangkat kamera resolusi tinggi. Namun handphone yang dibekali kamera terbaik dibanderol dengan harga cukup mahal. Hal tersebut disebabkan teknologi kamera terbaik dapat dikatakan masih high cost. Ditambah chipset yang dibutuhkan perangkat tentu harus bertipe tertinggi.

Namun saat ini banyak vendor telah berhasil menekan biaya produksi. Hasilnya banyak perangkat ponsel pintar dengan harga terjangkau namun mempunyai kemampuan mengambil gambar keren. Bahkan inovasi sensor yang dipakai membuat handphone dapat secara pintar mempercantik objek gambar atau sering disebut Ai kamera.

Salah satu brand yang mengedepankan hasil tangkapan kameranya adalah Oppo. Vendor asal Tiongkok tersebut mempunyai sederet ponsel dengan komponen lengkap dengan performa tinggi. Belum lama ini mereka berhasil membawa produk terbarunya Tanah Air yaitu Oppo Reno7 Z 5G.

Oppo Reno7 Z 5G merupakan ponsel kelas menengah ke atas dengan konsep desain klasik. Smartphone tersebut dibanderol dengan harga Rp 5.999.000. Kali ini techno.id diberi kesempatan untuk mereview Oppo Reno7 Z 5G tersebut. Bagaimana dengan hasilnya? Apakah ponsel tersebut dapat dikatakan kemahalan seperti rumor yang beredar? Ikuti terus yuk artikel berikut ini.

1. Desain klasik nan unik.

Review Oppo Reno7 Z  berbagai sumber

foto: techno.id/Adnan

Oppo Reno7 Z 5G mempunyai desain dengan konsep klasik namun tetap diberikan sentuhan modern. Kali ini unit yang kami bawa berwarna spektrum pelangi. Terdapat warna lain yang ditawarkan oleh Oppo yaitu hitam kosmik. Warna spektrum pelangi memberikan kesan eye catching, sehingga tidak bosan untuk melihatnya.

Pada bagian casing belakang terdapat dua kamera dengan diameter lingkaran besar. Tidak ada modul kamera yang menonjol, namun Oppo memberikan sebuah kejutan dengan menghadirkan lampu LED yang dapat menyala. Lampu berwarna biru tersebut mengitari dua kamera yang dipasang. Orbit light di Oppo Reno7 Z 5G merupakan teknologi pertama yang dipasangkan pada sebuah smartphone masa kini dan menjadi ciri khas dari Reno7 Z 5G. Lampu tersebut akan menyala apabila ada notifikasi yang muncul, saat masuk ke dalam game, dan saat pengecasan berlangsung.

Banyak orang salah mengira bahwa ponsel yang dipegang adalah sebuah iPhone, padahal Oppo Reno7 Z. Terlebih bentuk body terkesan mengkotak membuat kesan retro sangat kental terlihat.

Review Oppo Reno7 Z  berbagai sumber

foto: techno.id/Adnan

Bahan material yang dipakai pada bagian casing juga bertekstur halus nyaman dipegang. Ditambah Oppo memberikan teknologi anti sidik jari, sehingga body tetap terlihat bersih. Ponsel ini mempunyai ukuran cukup tipis dan bobot ringan, hanya 174 gram saja.

2. Display layar.

Review Oppo Reno7 Z  berbagai sumber

foto: techno.id/Adnan

Beralih ke display layar yang digunakan, Oppo Reno7 Z 5G mempunyai panel layar AMOLED berukuran 6,43 inci. Layar tersebut dapat dibilang cukup cerah saat digunakan pada waktu siang hari. Kualitas gambar yang dihasilkan sangat halus dan detail, karena resolusi grafis mencapai FHD+ 1080 x 2400 pixel kerapatan 409 ppi.

Namun sayangnya Reno7 Z 5G hanya dapat mencapai refresh rate 60 Hz saja. Berbeda dengan seri sebelumnya atau model lain yang mendapatkan refresh rate 90 Hz. Bahkan dibandingkan dengan layar ponsel lain dengan harga dibawahnya bisa mendapatkan layar lebih responsif. Tentu dengan harga Rp 6 jutaan kemampuan layar dapat ditingkatkan sih.

3. Dapur pacu.

Review Oppo Reno7 Z  berbagai sumber

foto: techno.id/Adnan

Pada sektor dapur pacu, Oppo Reno7 Z 5G dibekali dengan chipset bentukan Qualcomm tipe Snapdragon 695. Smartphone tersebut sudah mendukung teknologi jaringan 5G, yang membuatnya cukup kencang untuk menjelajahi dunia internet. SoC pada Reno7 Z diperkaya dengan CPU 8 core kekuatan 2.2 GHz dan GPU desain Adreno 619.

Untuk ruang penyimpanan cukup lega yaitu RAM 8 GB yang dapat mengekspansi up to 5 GB secara digital dan memori internal 128 GB tipe UFS 2.2. Terdapat slot micro SD yang dapat menampung hingga 1 TB untuk menambah kapasitas penyimpanan. Dengan penyimpanan yang diberikan ada banyak aplikasi yang dapat diinstal. Bahkan untuk menyimpan berbagai file dengan ukuran besar serasa tidak ada kekhawatiran.

Dengan chipset yang dipasang, Reno7 Z 5G cukup enak untuk bermain game mobile standar seprti Mobile Legend, PUBG Mobile, maupun Free Fire. Untuk beberapa game ponsel tersebut dapat mendukung kualitas grafis ultra high dan high frame. Namun saat kami pakai untuk bermain Apex Legend yang notabene memiliki beban cukup berat, masih terdapat sedikit lag. Frame rate hanya mentok di 40 fps pada settingan medium dan kadang naik turun ke 30 fps.

4. Sektor kamera.

Review Oppo Reno7 Z  berbagai sumber

foto: techno.id/Adnan

Oppo Reno7 Z 5G dibekali dengan sistem triple kamera. Untuk kamera utama dibekali dengan lensa resolusi 64 MP. Kemudian kamera tersebut disandingkan dengan 2 MP kamera monokrom dan 2 MP kamera makro. Sedangkan untuk kamera selfie memakai lensa resolusi 16 MP.

Melihat dari desain yang telah disebutkan, bahwa Oppo Reno7 Z 5G seakan memiliki kamera dengan lensa cukup mumpuni. Ukuran lingkar yang besar seakan terdapat lensa dengan bukaan besar di sana. Namun sayangnya Oppo hanya memberikan lensa wide 64 MP, tanpa hadirnya lensa ultrawide.

Untuk hasil foto dari Oppo Reno7 Z 5G lumayan bagus, detail tetap muncul, dan mempunyai eksposure pas. Sedangkan untuk kemampuan mengambil video juga lumayan bagus, walaupun hanya mampu menghasilkan kualitas 1080P di kecepatan 30 fps. Fitur bokeh yang diberikan juga mampu memberikan kesan lebih estetik layaknya kamera profesional.

Review Oppo Reno7 Z  berbagai sumber

foto: techno.id/Adnan

Dengan kamera dan chipset yang dibawa oleh Oppo Reno7 Z 5G tentu cocok untuk para penghobi fotografi maupun videografi. Kemampuan kamera untuk mengambil objek gambar yang baik membuat para kreator konten tidak perlu lagi mengedit terlalu banyak. Bahkan dengan chipset Snapdragon membuat proses penyuntingan dan rendering tanpa lag sama sekali.

5. Ketahanan baterai.

Review Oppo Reno7 Z  berbagai sumber

foto: techno.id/Adnan

Ponsel ini dibekali dengan baterai berdaya 4.500 mAh. Ditambah Oppo memberikan teknologi pengisian daya cepat Supervooc 33 Watt. Pengisian untuk mencapai daya penuh hanya memakan waktu 1 jam saja. Teknologi tersebut tentu sangat dibutuhkan mengingat di pagi hari kami hanya memerlukan waktu singkat untuk bersiap melakukan aktivitas.

Sedangkan untuk ketahanan baterai cukup awet. Baterai rata-rata hanya berkurang 8% saat dipakai bermain game selama 30 menit. Kemudian untuk melakukan kegiatan seperti membuka sosial media hanya memakan baterai 10% dengan rentang waktu lebih dari 1 jam pemakaian. Saat melakukan pengeditan video juha cukup awet dengan berkuran berkisar 10% saja.

Review Oppo Reno7 Z  berbagai sumber

foto: techno.id/Adnan

Oppo Reno7 Z 5G diakui mempunyai desain ciamik. Inovasi dengan menghadirkan Orbit Light juga menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan untuk kemampuan performa juga cukup tinggi, sehingga untuk melakukan berbagai aktivitas seperti scroll media sosial maupun bermain game sangat nyaman digunakan.

Ponsel ini juga cocok untuk para pembuat karya videografi. Dengan kamera yang cukup mumpuni melakukan pengambilan gambar dapat mudah dilakukan dengan hasil memuaskan. Terlebih sektor dapur pacu mendukung untuk melakukan berbagai kegiatan pengeditan video secara mudah tanpa lag.

Namun sayangnya harga yang dipatok oleh Oppo menurut kami terlampau mahal. Dengan kemampuan yang ditawarkan oleh Oppo pada Reno7 Z 5G tentu tidak berimbang dengan harga Rp 6 jutanya. Sebagai pihak netral tentu kami lebih memilih Oppo Reno generasi sebelumnya atau dengan seri Reno7 Pro yang memiliki komponen lebih baik. Bahkan selisih harga yang ditawarkan tidak berbeda jauh.


(brl/guf)