Ini penjelasan kenapa WhatsApp tiba-tiba nggak bisa dibuka

Ini penjelasan kenapa WhatsApp tiba-tiba nggak bisa dibuka

Techno.id - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan tidak hanya pengguna Android, namun juga iPhone. Pada Selasa (25/10) aplikasi yang biasa digunakan untuk mengirim pesan, melakukan panggilan suara, serta panggilan video ini dikabarkan mengalami masalah. Banyak pengguna yang mengeluhkan soal WhatsApp yang tidak bisa digunakan.

Penyebab WhatsApp tidak bisa digunakan nampaknya telah ditemukan. Usut punya usut, WhatsApp mengalami sedikit kendala pada bagian sistem. Hal tersebut mengakibatkan banyak pengguna aplikasi dari Meta ini yang mengeluhkan tidak bisa mengirimkan pesan baik di dalam grup maupun chat personal.

Namun sebagian pengguna melaporkan bahwa mereka bisa mengirimkan pesan akan tetapi notifikasi yang ada menunjukkan centang satu. Tak jauh berbeda, kedua masalah tersebut ternyata didasari oleh beberapa hal.

Berkenaan dengan bahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (25/10), ini penjelasan kenapa WhatsApp tiba-tiba nggak bisa dibuka.

PenyebabWhatsApp tiba-tiba nggak bisa dibuka

Ini penjelasan kenapa WhatsApp tiba-tiba nggak bisa dibuka

foto: unsplash.com

Dilansir dari indianexpress.com, WhatsApp yang hari ini mengalami gangguan dikarenakan outage atau pemadaman. Pemadaman pada WhatsApp mengakibatkan banyak pengguna tidak hanya di Indonesia namun juga berbagai negara mengalami gangguan.

Tidak hanya pengguna WhatsApp versi aplikasi, WhatsApp Web yang dijalankan pada berbagai perangkat seperti laptop, komputer, dan perangkat lainnya juga terkena dampak yang sama karena pemadaman sistem yang dilakukan.

Meski mengalami gangguan, kini pihak Meta selaku induk dari WhatsApp telah melakukan perbaikan pada salah satu aplikasi andalan mereka. Dilansir dari indianexpress.com, pihak Meta menjelaskan bahwa "Kami memperhatikan bahwa beberapa pengguna sekarang ini mengalami masalah dalam mengirimkan pesan. Kami sedang berusaha untuk memperbaiki WhatsApp untuk semua orang secepat yang kami bisa" tuturnya melalui website tersebut.

Pada dasarnya masalah WhatsApp yang mengalami error seperti ini bukan kali pertama. Sebagai sebuah sistem buatan manusia, tentu WhatsApp juga bisa mengalami gangguan. Terlebih pihak Meta telah mengonfirmasi bahwa WhatsApp yang mengalami gangguan dikarenakan pemadaman sistem.

Bagi setiap pengguna juga perlu memperhatikan faktor lain seperti internet yang digunakan, kemampuan perangkat dalam menerima sinyal, serta lokasi yang disinggahi saat mengoperasikan WhatsApp.


(brl/guf)