Firmware diperbarui, performa ROG Ally langsung ngacir

Firmware diperbarui, performa ROG Ally langsung ngacir

Techno.id - Asus menyuntikkan pembaruan perangkat lunak (firmware) untuk konsol gaming handheld mereka, ROG Ally. Pembaruan ini diklaim membawa perbaikan dan juga peningkatan performa. Dilansir dari wccftech, pembaruan ini menghilangkan permasalahan yang terjadi ketika ROG Ally berjalan pada Thermal Design Power (TDP) rendah.

Sementara menurut video YouTube (@Dave2D) dalam hothardware, performa ROG Ally dengan firmware bawaan ternyata kurang dapat bersaing dengan kompetitornya seperti Ayaneo 2S ataupun Steamdeck. Dalam beberapa game, performa ROG Ally dengan firmware 'lawas' ternyata kurang bersaing dengan kedua kompetitornya tersebut.

Firmware terbaru untuk ROG Ally ini dapat meningkatkan performa dari AMD Z1 Extreme yang digunakan pada ROG Ally. Melansir dari notebookcheck, performa APU tersebut meningkat sekitar 20% dibanding sebelumnya.

Firmware diperbarui, performa ROG Ally langsung ngacir foto: rog.asus.com

Peningkatan performa APU tentunya sangat berdampak pada performa ROG Ally ketika menjalankan game. Beberapa game mengalami peningkatan framerate yang cukup signifikan setelah menggunakan firmware terbaru ini.

Peningkatan performa dengan firmware ini sayangnya tidak diikuti dengan peningkatan performa penggunaan daya. Melansir dari wccftech, Steamdeck masih lebih unggul dalam hal konsumsi daya dengan konsekuensi performa yang lebih rendah. Namun hal ini tentu bukan masalah besar. Menurut notebookcheck, AMD Z1 Extreme yang digunakan pada ROG Ally memang tidak dirancang untuk bekerja pada daya rendah.

Magang: Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)