Cukup dengan dongle HDMI 5-In-1 ini, kamu bisa merasakan pengalaman multi-monitor

Cukup dengan dongle HDMI 5-In-1 ini, kamu bisa merasakan pengalaman multi-monitor

Techno.id - Mungkin kamu pernah merasa sumpek melihat laptop atau komputer ketika membuka sejumlah aplikasi. Rasanya dalam satu layar dengan banyak aplikasi terbuka menjadi kurang nyaman. Apalagi saat bermain game.

Nah bisa jadi kamu berpikir memiliki lebih dari satu monitor komputer akan terasa seru dan asik ya. Makanya jangan heran jika saat ini terdapat piranti komputer khusus gaming yang menyediakan lebih dari satu monitor, bahkan sampai tiga unit.

Tapi ada juga yang berpikir jika begitu akan membutuhkan ruang yang lebih besar dan dianggap pemborosan jika harus membeli monitor tambahan. Terlebih, komputer tersebut tidak selamanya digunakan untuk bermain game.

Cukup dengan dongle HDMI 5-In-1 ini, kamu bisa merasakan pengalaman multi-monitor foto: yankodesign.com

Tapi saat ini kamu bisa mendapatkan pengalaman yang sama hanya dengan memiliki aksesori berupa dongle HDMI. Berkat Google Chromecast, ide untuk memasang dongle HDMI agar bisa melakukan streaming konten ke TV tidak lagi asing bagi kebanyakan orang.

Namun demikian, teknologi tersebut cukup terbatas dalam banyak hal. Kamu hanya dapat mengirim umpan dari video ke dongle. Selain itu dongle ini juga hanya berfungsi pada TV atau layar eksternal yang memiliki port HDMI, dan hanya mencerminkan apa yang ditampilkan pada perangkat sumber.

Namun masalah tersebut kini bisa teratasi dengan hadirnya Aurga Viewer, dongle HDMI 5-in-1 yang inovatif. Alih-alih menyambungkan ke TV atau layar, dongle HDMI 5-in-1 ini dapat dihubungkan dengan sumber video, seperti konsol, komputer, atau komputer papan tunggal (single-board computer) seperti Raspberry Pi.

Cukup dengan dongle HDMI 5-In-1 ini, kamu bisa merasakan pengalaman multi-monitor foto: yankodesign.com

Cara penggunaannya juga sangat mudah. Kamu cukup menjalankan Aurga Viewer di perangkat iOS atau Android atau bahkan komputer yang menjalankan Windows, macOS, dan Linux. Dengan begitu perangkat tersebut bisa menjadi pengatur monitor kedua yang seolah-olah terhubung langsung ke sumbernya melalui kabel HDMI. Saat ini juga sedang dilakukan pengembangan untuk mendukung kacamata VR seperti Nreal dan Meta Quest.

Bahkan ketika terhubung dengan Raspberry Pi, dongle HDMI 5-in-1 bisa menjadikan perangkat selular sebagai tampilan tunggal komputer tersebut. Sebaliknya, ketika terhubung dari desktop atau laptop, iPad atau bahkan laptop lain, perangkat itu dapat menjadi perpanjangan layar utama dan dapat memperluas ruang desktop.

Aurga Viewer juga memiliki mode USB berkabel yang memungkinkan pengguna menyambungkan perangkat HDMI apa pun ke komputer menggunakan kabel. Misalnya, kamu dapat menghubungkan Xbox ke laptop dengan kabel USB sehingga kamu dapat memainkan game konsol favorit pada komputer atau menggunakan layar terpisah.

Cukup dengan dongle HDMI 5-In-1 ini, kamu bisa merasakan pengalaman multi-monitor foto: yankodesign.com

Perangkat ini juga mendukung komunikasi dua arah. Jadi jika kamu memiliki iPad dengan dukungan Apple Pencil, kamu bisa menggunakan tablet tersebut sebagai layar pena. Aplikasi ini juga dapat mengubah layar sentuh menjadi keyboard dan mouse virtual.

Kamu juga dapat menggunakan Aurga Viewer untuk mengubah smartphone menjadi monitor kamera atau layar portabel untuk konsol Xbox atau PlayStation. Bahkan kamu dapat menghubungkan beberapa ponsel, tablet, atau komputer ke satu Aurga Viewer untuk memaksimalkan pengalaman multi-monitor.

(brl/red)