Cara mudah menggunakan WhatsApp Chat Lock yang baru rilis, jadi nggak khawatir simpan chat rahasia

Cara mudah menggunakan WhatsApp Chat Lock yang baru rilis, jadi nggak khawatir simpan chat rahasia

Cara aktifkan Chat Lock WhatsApp

Cara mudah menggunakan WhatsApp Chat Lock yang baru rilis, jadi nggak khawatir simpan chat rahasia

foto: Blog.whatsapp.com

Fitur kunci pesan di dalam WhatsApp dapat dimanfaatkan untuk mengamankan obrolan pengguna dari akses yang tidak diinginkan. Meta memberikan keterangan bahwa fitur Chat Lock sangat pas dipakai pengguna yang suka berbagi dengan anggota keluarganya.

Begitu juga dengan keamanan privasi. Chat Lock bisa membantu pengguna mengamankan pesan saat smartphone dipakai orang lain. Apalagi jika obrolan masuk ke dalam Chat Lock, notifikasi tidak akan muncul di bar pemberitahuan.

Nantinya di tampilan beranda WhatsApp tidak akan menampilkan chat yang dikunci. Melainkan terdapat kolom dengan tulisan "Chat yang dikunci" atau "Locked chat". Kolom ini terletak di bagian paling atas di atas menu "Diarsipkan".

Fitur ini didesain berbeda dari kunci aplikasi. Meskipun secara teori memakai skema yang sama. Meta membentuk Chat Lock agar memberikan perlindungan berlapis di dalam aplikasi WhatsApp. Bukan di luar dari aplikasi.

Jika bertanya bagaimana cara menggunakan fitur ini, ternyata cukup mudah, lho sob! Kamu cukup mengklik profil kontak atau profil grup. Dari situ, pengguna bisa menemukan sejumlah opsi seperti untuk Notifikasi, Media, Enkripsi, dan Chat Lock.

Cara mudah menggunakan WhatsApp Chat Lock yang baru rilis, jadi nggak khawatir simpan chat rahasia

foto: Wabetainfo.com

Berikut cara lengkap untuk memakai fitur Chat Lock:

Menyalakan kunci chat.

Kamu dapat mematikan atau menyalakan kunci chat dalam info chat untuk setiap chat yang ingin kamu kunci. Jika kamu belum menyiapkan autentikasi perangkat, seperti kode sandi telepon, sidik jari, atau Face ID, kamu akan diminta untuk menyiapkannya sebelum mengunci chat.

Cara menyalakan kunci chat.

1. Ketuk info chat > Kunci chat.
2. Ketuk Kunci chat ini dengan sidik jari atau Kunci Chat Ini dengan Face ID.
3. Ketuk Lihat untuk melihat chat di folder Chat yang dikunci.

Melihat chat yang dikunci.

1. Kamu dapat melihat chat yang dikunci di folder Chat yang dikunci.
2. Cara melihat chat yang dikunci:
3. Buka tab Chat lalu gesek ke bawah.
4. Ketuk folder Chat yang dikunci.
5. Konfirmasi Face ID kamu atau sentuh sensor sidik jari untuk membuka kunci.
6. Ketuk chat untuk melihat atau mengirim pesan.

Cara mematikan kunci chat.

1. Ketuk info chat > Kunci chat.
2. Matikan lalu konfirmasi sidik jari atau Face ID kamu.

Sistem keamanan dari Chat Lock menggunakan dua sistem keamanan, yakni kata sandi dan biometrik seperti sidik jari. Kendati demikian, Meta berujar bahwa mereka akan memberikan opsi tambahan untuk sistem keamanan yang diterapkan. Tentu pengembangan juga menargetkan agar fitur yang sama bisa diterapkan dalam perangkat lain, dengan akun sama serta pemakaian kata sandi custom berbeda yang dipakai oleh device.

Sebagai informasi, fitur ini dapat berlaku di dalam perangkat utama saja. Pasalnya ketika pengguna mengaktifkan fitur Chat Lock, nantinya akan muncul keterangan "Chat ini tidak akan dikunci di perangkat teratur kamu".

Fitur Chat Lock sudah bisa dinikmati oleh pengguna WhatsApp secara global. Silakan terus pantau update dari aplikasi melalui toko aplikasi. Sebab Meta menggelontorkan fitur ini secara bertahap.

(brl/guf)