Aplikasi Alquran berbasis AI, ini 3 fitur Tarteel.ai yang bisa bantu kamu belajar mengaji

Aplikasi Alquran berbasis AI, ini 3 fitur Tarteel.ai yang bisa bantu kamu belajar mengaji

Techno.id - Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah teknologi yang bertujuan untuk membuat mesin atau komputer dapat melakukan tugas-tugas yang sebelumnya hanya bisa dilakukan oleh manusia. AI sendiri terintegrasi ke berbagai aplikasi. Tentu semua hal ini dimaksudkan agar kerja manusia jauh lebih dimudahkan dalam segala urusan.

Hingga ke aspek yang paling spesifik sekaligus personal yaitu belajar mengaji. Tentu kamu sudah tahu, khususnya bagi umat Islam, jika telah banyak berbagai aplikasi yang memberikan layanan konten Islami. Kali ini hadir sebuah aplikasi berbasis AI bernama Tarteel.

Beda Tarteel dari aplikasi lain sebagai aplikasi bacaan kitab suci Alquran yaitu terintegrasinya bantuan AI. Secara singkat, kamu sebagai pengguna bisa mempelajari bagaimana membaca Alquran dengan bantuan AI.

Dilansir techno.id dari tarteel.ai pada Jumat (21/4), aplikasi ini didirikan dengan suatu misi mulia. Yaitu untuk mempererat hubungan seorang Muslim dengan kitab sucinya yakni Alquran. Tarteel hadir memberikan pendekatan baru dalam mendalami Alquran lewat memahami, menghafal, dan melafalkan.

Aplikasi Alquran berbasis AI, ini 3 fitur Tarteel.ai yang bisa bantu kamu belajar mengaji

foto: play.google.com

Tarteel hadir di tengah hiruk pikuk umat yang terus memaksanya menjalani padat rutinitas. Oleh karena itu, harapan dari penggunaan aplikasi ini adalah umat Islam dapat menggunakan Tarteel di manapun dan kapanpun saat dibutuhkan.

Telah diunduh oleh 4 juta orang, Tarteel memiliki 3 fitur utama yang ditawarkan. Fitur-fitur itu adalah Recite untuk menyesuaikan secara langsung bacaan Alquran dengan dukungan AI, Memorize yang memudahkan penggunanya untuk meninjau dan mempraktikkan hafalan Alquran, dan search the Alquran yang membantu mencari ayat dan memberi daftar kata yang dicari.

Aplikasi Alquran berbasis AI, ini 3 fitur Tarteel.ai yang bisa bantu kamu belajar mengaji

foto: apps.apple.com

Selain bisa didapatkan secara gratis pemasangannya melalui Play Store dan App Store, Tarteel juga menyediakan versi premiumnya. Fitur yang disediakan dalam versi premium ini mencakup 5 fitur. Yang pertama adalah Memorization Mistake Detection yakni pemberitahuan kesalahan pengucapan suatu kata. Kedua adalah Advance Memorization Mode yaitu bantuan agar penggunanya dapat mengingat suatu ayat Alquran lebih cepat dan mudah lagi dengan menyembunyikan teks ayat.

Selanjut adalah Audio Playback yakni memutar kembali pelafalan hafalan dan menandai bagian mana yang perlu ditingkatkan. Yang keempat adalah Challenges yaitu pembuatan target dalam mempelajari Alquran lewat aplikasi ini. Dan yang terakhir adalah Advanced Progress Tracking seperti memastikan apakah penggunanya telah mencapat target dalam mempelajari Alquran atau belum.


(brl/guf)