7 Aplikasi untuk mengawasi buah hati main gadget, orang tua wajib tahu

7 Aplikasi untuk mengawasi buah hati main gadget, orang tua wajib tahu

-

1. Kids Guard Pro

7 Aplikasi untuk mengawasi buah hati main gadget, orang tua wajib tahu (Foto : Googleplay.com)

Ini adalah salah satu aplikasi pemantau anak yang cukup baik. Orang tua dapat memantau lebih dari 30 fitur terkait pemantauan anak. Aplikasi Kids Guard Pro memungkinkan orang tua memantau anak dengan melacak lokasi GPS, pesan obrolan, panggilan, riwayat penelusuaran, aktivitas media sosial dan lain sebagainya.

Orang tua dapat mengetahui sirkulasi masuk dan keluarnya pesan serta panggilan dengan mode siluman sehingga anak tidak tahu jika dirinya sedang dipantau.

2. Norton Family Premier

7 Aplikasi untuk mengawasi buah hati main gadget, orang tua wajib tahu (Foto : family.norton.com)

Aplikasi Norton Premier dapat menjadi pilihan bagi orang tua yang ingin memantau aktivitas anaknya bermain gawai. Salah satu keunggulan aplikasi ini yaitu orang tua dapat mengantisipasi ancaman cyber bullying pada anak.

Orang tua juga dapat membatasi konten berdasarkan usia sang anak serta mengatur jadwal dan waktu main gawai sehingga anak tidak terlalu lama di depan gawai. Tidak hanya itu aplikasi ini juga dapat melacak lokasi gawai yang sedang digunakan anak.

3. Qustodio

7 Aplikasi untuk mengawasi buah hati main gadget, orang tua wajib tahu (Foto: qustodio.com)

Banyak fitur yang ditawarkan aplikasi ini. Qustodio dapat memfilter situs web serta dapat memblokir aplikasi atau situs yang tidak pantas. Untuk mengantisipasi anak melakukan hal yang tidak semestinya, Qustodio akan memberi notifikasi dan peringatan kepada orang tua jika terdapat aktivitas gawai yang mencurigakan.

4. Net Nanny

7 Aplikasi untuk mengawasi buah hati main gadget, orang tua wajib tahu (Foto: netnanny.com)

Bagi orang tua yang khawatir dengan aktivitas anak bermain gawai wajib mencoba memakai aplikasi Net Nanny, platform pemantau aktivitas gawai yang lengkap. Orang tua dapat memantau keluar masuknya panggilan dan pesan di gawai anak. Kemudian fitur pengaturan waktu juga tersedia untuk membatasi anak berlama-lama main gawai.

Salah satu cara aplikasi memperingatkan orang tua adalah setiap konten dewasa yang diakses gawai anak akan dilaporkan, kemudian aksesnya dapat segera diblokir.

5. ESET Parenatal Control App

7 Aplikasi untuk mengawasi buah hati main gadget, orang tua wajib tahu (Foto: Googleplay.com)

Orang tua juga dapat menggunakan aplikasi ESET Parental Control App untuk memantau sang anak. Pemakaian aplikasi ini memungkinkan orang tua mengetahui telepon yang masuk di gawai anak.

Kemudian orang tua dapat juga memberi peringatan dan batasan kepada sang anak untuk tidak membuka aplikasi atau situs tertentu. Jika terdapat aktivitas gawai yang melewati batas maka aplikasi ini akan melaporkan langsung kepada orang tua.

6. Mobistealth

7 Aplikasi untuk mengawasi buah hati main gadget, orang tua wajib tahu (Foto : Unsplash/AlexanderDummer)

Mobistealth dapat melakukan pemantauan gadjet anak dari jarak jauh. Segala panggilan yang masuk dapat dikendalikan orang tua menggunakan aplikasi ini. Selain itu orang tua juga dapat memantau aktivitas sosial media seperti WhatsApp, Snapchat, Facebook, dan aplikasi pengirim pesan lainnya. Lokasi real-time anak juga dapat dipantau orang tua dengan menggunakan aplikasi ini.

7. Bark

7 Aplikasi untuk mengawasi buah hati main gadget, orang tua wajib tahu

(Foto: bark.us)

Aplikasi Bark berfokus pada pemantauan aktivitas media sosial dan email di gawai anak. Jika terdapat aktivitas yang mencurigakan maka aplikasi Bark akan langsung melaporkannya kepada orang tua.

Aplikasi ini dapat memantau lebih dari 25 media sosial, sehingga memungkinkan orang tua membaca obrolan, gambar, video yang telah diterima, dikirim, atau bahkan dihapus. Selain itu orang tua dapat melihat log pencarian dari browser sang anak dengan menggunakan mode siluman sehingga anak tidak mengetahui bahwa dirinya sedang dipantau.

Itulah rekomendasi aplikasi yang telah Techno.id rangkum untuk para orang tua. Beberapa apliaksi yang telah disebutkan memang berbayar tetapi kamu dapat menggunakan secara cuma-cuma di masa trial.

(brl/red)