6 Fitur baru di Funtouch OS 13, opsi personalisasi lebih baik

6 Fitur baru di Funtouch OS 13, opsi personalisasi lebih baik

Techno.id - Vivo secara resmi meluncurkan sistem interface atau UI terbarunya yaitu Funtouch OS 13. Sistem UI tersebut akan hadir untuk dipasang dengan basis Android 13. Seperti diketahui bersama, Android 13 merupakan OS anyar yang akan mulai dijajaki akhir tahun ini.

Vivo memberikan peningkatan untuk UI anyarnya. Di dalam Funtouch OS 13, pengguna akan diberi personalisasi baru dan diklaim lebih baik. Selain itu, sistem keamanan dan navigasi juga ditingkatkan agar lebih nyaman ketika digunakan.

Tercatat setidaknya ada 6 pembaharuan fitur yang dilakukan Vivo untuk UI terbarunya. Lalu apa saja deretan fiturnya? Kali ini techno.id akan memberikan 6 fitur baru di Funtouch OS 13 yang dirangkum dari berbagai sumber pada Senin (31/10).

1. Ikon monokrom.

6 Fitur baru di Funtouch OS 13, opsi personalisasi lebih baik

foto: vivo.com

Seperti telah disinggung sebelumnya, Funtouch OS 13 memberikan personalisasi berbeda untuk grafis maupun layar utama smartphone. Perubahan terletak di pengaturan ikon layar utama. UI baru milik Vivo ini dapat melakukan penyuntingan ikon aplikasi agar selaras dengan background dan interface perangkat dengan tema monokrom. Bahkan pengguna juga dapat menyesuaikan warna UI dan aplikasi bawaan ponsel seperti notifikasi, kontrol volume, jam, dan lainnya.

2. Keamanan.

6 Fitur baru di Funtouch OS 13, opsi personalisasi lebih baik

foto: vivo.com

Pihak developer juga memberikan peningkatan fitur keamanan di Funtouch OS 13. Kali ini smartphone dengan update UI terbaru bisa menyembunyikan aplikasi sesuai kebutuhan. Fitur baru ini memungkinkan orang lain tidak dapat mengakses secara bebas aplikasi yang telah disembunyikan. Selain aplikasi, UI anyar tersebut juga memungkinkan untuk menyembunyikan file media seperti foto dan video. Artinya keamanan privasi dari pengguna ponsel Vivo dapat ditingkatkan dengan adanya Funtouch OS 13.

3. iManager.

Seperti diketahui, Vivo mengandalkan platform iManager untuk mengelola aplikasi dalam perangkat. Dengan Funtouch OS 13, iManager dapat memonitor waktu pengguna aplikasi, meringkas serta mengoptimalkan kinerja ponsel. Kini iManager dapat melakukan kontrol, baik memangkas maupun meningkatkan performa secara drastis dapur pacu saat dibutuhkan oleh pengguna. Kemampuan lain dari iManager versi baru adalah dapat memberikan efisiensi daya pengguna CPU agar suhu perangkat tetap stabil.

4. Ai editing video.

6 Fitur baru di Funtouch OS 13, opsi personalisasi lebih baik

foto: vivo.com

Adanya Funtouch OS 13 memberikan kemampuan lebih saat melakukan penyuntingan video. Dengan pembaharuan UI ini, pengguna bisa mengatur suara dari video yang diedit. Secara mudah UI bisa menyesuaikan volume di setiap segmen bahan video yang disunting. Tentu hal ini membantu pengguna ketika ingin membuat konten setiap harinya.

5. Viewfinder.

Terdapat perubahan di bagian tampilan UI kamera ponsel di Funtouch OS 13. Vivo memberikan tampilan Viewfinder atau jendela bidik kamera lebih profesional agar mempermudah pengguna saat melakukan aktivitas fotografi. Viewfinder yang baru akan memberikan tampilkan cincin pengunci fokus hingga stabilisasi agar jepretan bisa lebih maksimal.

6. Indeks kualitas udara.

Vivo memberikan pembaharuan cukup berguna untuk Funtouch OS 13. Fitur yang dimaksud adalah UI dapat menampilkan indeks kualitas udara. Fitur tersebut dapat ditampilkan bersamaan dengan informasi cuaca, suhu udara, kelembaban dan tekanan udara, beserta informasi lainnya.


(brl/guf)