Google Meet beri fitur nonton YouTube, ini cara pakainya

Google Meet beri fitur nonton YouTube, ini cara pakainya

Techno.id - Google mempunyai platform untuk video conference yaitu Google Meet. Platform pengganti Hangouts tersebut dapat digunakan melalui browser maupun aplikasi di smartphone. Bahkan platform tersebut dapat digunakan secara gratis alias tanpa bayar.

Baru-baru ini Google telah mengeluarkan fitur baru yaitu Co-Watch YouTube untuk aplikasi konferensi video Google Meet. Fitur tersebut memungkinkan pengguna Google Meet untuk menikmati bersama atau lebih sering disebut Nobar video YouTube ketika telekonferensi berlangsung. Bahkan dengan adanya update terbaru, Co-Watch Google Meet dapat menampung setidaknya 100 peserta sekaligus.

Fitur Co-Watch dihadirkan oleh Google agar pengguna dapat menambah pengalaman dan mendekatkan orang-orang saat dalam telekonferensi dengan Google Meet. Lebih lanjut, fitur Co-Watch hanya dapat ditayangkan oleh host meeting yang telah berlangganan YouTube premium.

Lalu bagaimana cara menggunakan fitur terbaru Co-Watch? Kali ini techno.id pada Selasa (13/9) akan memberikan cara pakai Co-Watch fitur nonton YouTube di Google yang dihimpun dari berbagai sumber.

Akan tetapi sebelum beranjak ke cara penggunaan, Google memberikan beberapa catatan agar host dapat menayangkan YouTube pada ruang meeting Meet. Setidaknya host perlu:

- Memakai perangkat Android.
- Memakai YouTube legal pada perangkat.
- Menggunakan Google Meet dan YouTube dengan akun Google pribadi.
- Host wajib berlangganan YouTube premium.

Adapun untuk peserta tidak perlu untuk berlangganan YouTube premium untuk dapat mengikuti dan mengetahui video YouTube di dalam Meet.

Fitur Co-Watch juga dapat digunakan pada aplikasi Duo yang telah diupgrade ke Meet dengan logo warna-warni. Akan tetapi, fitur tersebut tidak dapat digunakan pada Workspace kecuali Workspace Individual dan Google One Premium, pengguna Google di bawah usia 18 tahun, maupun pemilik akun Family link.

Fitur Co-Watch sudah tersedia pada Google Meet dengan logo berwarna hijau. Fitur live sharing untuk menikmati video YouTube bersama tersebut dapat digunakan pada semua opsi panggilan rapat aplikasi. Untuk langkah-langkah menggunakannya, kamu bisa mengikuti cara berikut ini:

Google Meet beri fitur nonton YouTube, ini cara pakainya

foto: blog.google.com

1. Masuk ke ruang rapat yang sudah dimulai atau dijadwalkan.
2. Klik menu titik tiga vertikal pojok kanan bawah layar
3. Klik menu "Activities"
4. Pilih opsi YouTube di bagian bawah
5. Klik "open YouTube"
6. Konfirmasi live sharing YouTube dengan peserta rapat dengan mengklik "start"
7. Setelah itu, pilih video yang ingin ditonton bareng.

Selain melalui Google Meet, pengguna juga dapat mengajak nonton bareng video langsung dari YouTube. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

Google Meet beri fitur nonton YouTube, ini cara pakainya

foto: blog.google.com

1. Buka aplikasi YouTube di smartphone yang digunakan
2. Silakan pilih video yang ingin ditonton bareng
3. Klik menu berbagi atau share
4. Pilih opsi Meet live sharing
5. Klik "start" untuk memulai Meet live sharing
6. Video akan ditampilkan di ruang rapat Google Meet
7. Pengguna bisa mengundang teman atau keluarga hingga 100 orang untuk menonton video di Google Meet.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menonton YouTube secara bersama dengan Google Meet. Cukup mudah bukan. Selamat mencoba!


(brl/guf)