22 Fitur baru WhatsApp rilis sepanjang Tahun 2022, kamu sudah dapat?

22 Fitur baru WhatsApp rilis sepanjang Tahun 2022, kamu sudah dapat?

Techno.id - WhatsApp menjadi wadah untuk komunikasi digital yang dipakai mayoritas pengguna gadget. Di dalam aplikasi perpesanan instan ini, terdapat segudang fitur menarik bisa digunakan. Mulai dari melakukan chat secara seru, melakukan panggilan telepon dan video baik individu maupun kolektif, sampai fitur story WhatsApp.

Meta selaku developer WhatsApp saat ini terus memberikan pembaruan aplikasi. Update yang dilakukan oleh Meta bertujuan memberikan kenyamanan, sensasi berbeda, dan peningkatan keamanan pengguna. Tercatat Meta memberikan 22 fitur update dan upgrade ke dalam WhatsApp.

Selain memberikan fitur baru, WhatsApp juga meningkatkan kapasitas dan kemampuan aplikasinya. Sebagai contoh, grup WhatsApp dapat menampung 512 peserta. Meningkat dua kali lipat dari versi terdahulu yang hanya berkapasitas 256 peserta aja.

Lantas fitur baru apa saja yang telah dirilis WhatsApp sepanjang 2022? Kali ini techno.id akan memberikan 22 fitur baru WhatsApp yang dirangkum dari berbagai sumber pada Senin (2/1).

1. Sembunyikan Last Seen dari kontak.

WhatsApp memberikan fitur peningkatan keamanan privasi pada Juni 2022. Mereka menggelontorkan fitur sembunyikan Last Seen untuk kontak tertentu. Fitur ini dapat bekerja ke pengguna agar status online dapat disembunyikan untuk pengguna tertentu. Hal ini bertujuan agar pengguna mendapatkan privasi berlebih kala memakai WhatsApp untuk berkomunikasi.

2. Update fitur Voice Note.

22 Fitur baru WhatsApp rilis sepanjang Tahun 2022, kamu sudah dapat?

foto: wabetainfo.com

Seperti diketahui bersama, WhatsApp mempunyai fitur Voice Note. Ya, fitur ini dapat mengirimkan sebuah pesan suara secara mudah dalam menu chat. Meta dalam hal ini memberikan peningkatan fitur yang sering disebut VN ini. Fitur yang ditambahkan antara lain mempercepat pesan suara dari 1,5X hingga 2x, menjeda atau pause rekaman suara pengguna sebelum dikirim, dan memutar pesan suara di luar ruang chat.

3. Kapasitas kirim file ditambah hingga 2 GB.

Seperti diketahui WhatsApp tak hanya dipakai untuk melakukan chatting atau panggilan telepon saja. Namun aplikasi dapat dipakai sebagai pengirim file-file penting lainnya. Berbagai format file dapat dikirim melalui WhatsApp secara mudah dan cepat. Oleh karena itu, Meta selaku developer memberikan kapasitas tambahan pengiriman file hingga 2 GB. Sebelumnya WhatsApp hanya dapat mengirim file dengan ukuran 100 MB saja.

4. Polling WhatsApp.

22 Fitur baru WhatsApp rilis sepanjang Tahun 2022, kamu sudah dapat?

foto: Techno.id/ Adnan

Polling WhatsApp menjadi fitur baru yang dihadirkan pada tahun 2022 ini. Fitur ini dapat dipakai untuk melakukan pengumpulan pendapat atau polling hadir. Fitur ini dapat digunakan melalui WhatsApp group maupun WhatsApp char biasa. Fitur Polling di dalam WhatsApp dapat memudahkan seseorang mendapatkan keputusan dalam pilihan tertentu. Siapa saja dapat memberikan polling dan mengganti apabila diperlukan. Nantinya hasil dari polling akan langsung terlihat oleh semua pengguna.

5. Kapasitas Grup bertambah.

WhatsApp grup memang penting digunakan untuk komunikasi secara kolektif dalam waktu singkat. Oleh karena itu, Meta memberikan peningkatan kapasitas anggota grup WhatsApp. Saat ini sebuah grup dapat menampung 1024 peserta, sebelumnya WhatsApp grup hanya berkapasitas 216 orang saja.

6. WhatsApp Cloud API.

WhatsApp Cloud API ini sangat membantu para pelaku bisnis dan pengembang untuk mengoperasikan WhatsApp secara praktis. Layanan Cloud API sudah dapat diakses secara gratis untuk pengguna WhatsApp dengan orientasi bisnis.

7. Bergabung ke panggilan.

22 Fitur baru WhatsApp rilis sepanjang Tahun 2022, kamu sudah dapat?

foto: Pixabay.com

Fitur yang dinamakan Joinable Call ini dapat dipakai pengguna untuk bergabung ke dalam panggilan grup WhatsApp yang tak terjawab. Fitur ini dapat memberikan akses masuk ke pengguna yang tertinggal dalam panggilan grup. Apabila panggilan masih berlangsung, maka seorang bisa langsung masuk dengan adanya fitur ini, tanpa melakukan panggilan ulang.

8. Avatar.

22 Fitur baru WhatsApp rilis sepanjang Tahun 2022, kamu sudah dapat?

foto: wabetainfo.com

Fitur baru menarik lainnya adalah Avatar. Ya, WhatsApp dapat memberikan dukungan untuk pengguna membuat Avatarnya sendiri. Seorang bisa mengatur sebuah Avatar di dalam WhatsApp dan nantinya bisa dipakai untuk memberikan sensasi keseruan chatting. Fitur ini dapat diakses melalui laman pengaturan WhatsApp.

9. Komunitas.

22 Fitur baru WhatsApp rilis sepanjang Tahun 2022, kamu sudah dapat?

foto: Techno.id/ Adnan

Selain menambahkan kapasitas anggota grup, WhatsApp juga merilis fitur komunitas. Fitur ini memungkinkan pengguna mengumpulkan berbagai grup WhatsApp ke dalam sebuah wadah komunitas. Di dalam fitur baru ini, hanya admin atau si pembuat yang dapat memberikan sebuah pesan informasi. Artinya komunitas hanya memiliki kemampuan komunikasi satu arah saja. Tentu hal ini bertujuan agar perlindungan privasi dan keamanan pengguna WhatsApp.

10. Chat ke nomor sendiri.

22 Fitur baru WhatsApp rilis sepanjang Tahun 2022, kamu sudah dapat?

foto: Techno.id/ Adnan

Fitur unik selanjutnya yang dihadirkan WhatsApp adalah chat ke nomor sendiri. Fitur ini dapat digunakan pengguna untuk memberikan pesan ke nomor pribadinya secara langsung. Fitur ini dapat bermanfaat untuk menuliskan sebuah note, atau file khusus untuk disimpan.

11. Pesan sekali lihat tak dapat di screenshot.

WhatsApp memang terus memberikan peningkatan fitur keamanan untuk pengguna. Oleh karena itu, terdapat fitur sekali lihat yang diterapkan oleh WhatsApp. Namun fitur tersebut dirasa kurang karena masih bisa di screenshot pada awalnya. Karena masalah tersebut, WhatsApp memberikan peningkatan bahwa sebuah pesan sekali lihat tidak dapat discreenshot oleh penerima. Dengan begitu, pengguna dapat mengirimkan pesan bernuansa sensitif lebih nyaman dan aman.

12. Link undangan panggilan WhatsApp.

22 Fitur baru WhatsApp rilis sepanjang Tahun 2022, kamu sudah dapat?

foto: wabetainfo.com

Melalui update terbarunya, WhatsApp mempunyai fitur untuk dapat mengundang kontaknya agar dapat bergabung ke WhatsApp Call melalui link. Fitur ini dapat dikatakan mirip Zoom Meeting. Seorang akan diberikan sebuah link yang mengarah ke panggilan WhatsApp pengguna. Tentu hal ini cukup bermanfaat dan efisien agar melakukan panggilan kolektif tanpa ribet menambahkan peserta satu persatu.

13. Direktori WhatsApp Business.

22 Fitur baru WhatsApp rilis sepanjang Tahun 2022, kamu sudah dapat?

foto: Techno.id/ Adnan

Direktori WhatsApp Business dapat digunakan pengguna mencari toko resmi yang belum diketahui di dalam WhatsApp. Bahkan fitur ini dapat menampung toko di sekitar pengguna. Artinya WhatsApp dapat mengatur fitur lokasi agar dapat menemukan toko pilihan di area terdekatnya.

14. Membatalkan pesan terhapus.

WhatsApp mempunyai peningkatan fitur untuk menghapus pesan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membatalkan pesan yang telah terhapus. Pasalnya kadangkala pengguna melakukan kesalahan dalam pemilihan opsi penghapusan pesan. Oleh sebab itu, pengguna bisa membatalkan kesalahan penghapusan pesan tersebut.

15. Keluar dari grup secara diam-diam.

Fitur baru ini membantu pengguna menjaga privasinya terutama dalam ranah publik. Dengan fitur ini, pengguna dapat keluar dari grup WhatsApp tertentu secara diam-diam atau tanpa diketahui anggota lainnya. Dalam kolom obrolan WhatsApp grup nantinya tidak ada notifikasi bahwa pengguna telah keluar dari grup.

16. Filter pesan belum terbaca.

Bagi pengguna WhatsApp versi terbaru, Meta memberikan kemudahan untuk menyeleksi pesan mana yang belum terbaca. Fitur ini dapat digunakan mencari pesan belum terbaca secara mudah dan cepat. Cukup pilih opsi tampilkan pesan belum terbaca, maka secara otomatis sistem akan menyeleksi pesan secara cepat.

17. Forward file media dengan caption teks.

WhatsApp memberikan pembaruan menarik agar pengguna dapat meneruskan sebuah file dengan caption berbentuk teks. Fitur ini dapat mendukung pengguna meneruskan pesan berupa format foto, video, GIF hingga dokumen. Pengguna juga bisa menambahkan keterangan mengenai pesan yang diteruskan.

18. Mute peserta dalam panggilan WhatsApp grup.

Berkat pembaruan yang diberikan, suara dari peserta panggilan WhatsApp grup bisa dibisukan atau mute. Hal ini bertujuan agar suasana panggilan grup tetap kondusif, dan menghindari distraksi yang muncul.

19. Pindahkan chat history dari Android ke iPhone.

Kabar gembira bagi pengguna Android yang ingin beralih ke perangkat iPhone. WhatsApp mempunyai fitur untuk memindahkan chat history, foto, video, dan beberapa file lain dari perangkat Android ke iPhone secara mudah. Tentu fitur ini merupakan penyeimbang, karena sebelumnya WhatsApp hanya memberikan kapasitas untuk pemindahan file dari iPhone ke Android.

20. Profil dengan tanda hijau.

Apabila kamu memperhatikan, terdapat lingkaran dengan warna hijau melingkari foto profil kontak pengguna. Nah, tanda tersebut merupakan fitur baru dari WhatsApp, untuk menunjukan bahwa pengguna telah mengunggah sebuah story WA dan belum terbaca. Pengguna juga dapat melihat story kontak secara langsung melalui lingkaran hijau tersebut.

21. Kapasitas panggilan video ditingkatkan.

WhatsApp saat ini mempunyai kapasitas untuk melakukan panggilan video secara kolektif. Bahkan Meta memberikan kapasitas 32 peserta dapat ditampung dalam satu panggilan video. Pengguna hanya memerlukan link dari panggilan yang telah ada, kemudian dibagikan ke peserta.

22. Reaksi emoji.

22 Fitur baru WhatsApp rilis sepanjang Tahun 2022, kamu sudah dapat?

foto: wabetainfo.com

Melalui pembaruan WhatsApp, pengguna dapat memberikan reaksi emoji atas status maupun pesan yang tertuang dalam aplikasi. Fitur ini dapat memberikan reaksi ke pengunggah agar nantinya komunikasi dalam WhatsApp lebih ekspresif. Berbagai emoji bisa dikirimkan ke kontak sesuai kebutuhan dan ekspresi pengguna.

Itulah 22 fitur baru WhatsApp yang telah rilis sepanjang Tahun 2022. Untuk mendapatkan fitur tersebut, kamu harus selalu update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru.


(brl/guf)