11 Manfaat teknologi Drone, bisa untuk penanggulangan bencana alam

11 Manfaat teknologi Drone, bisa untuk penanggulangan bencana alam

Techno.id - Kemajuan ilmu pengetahuan menjadi salah satu faktor teknologi semakin berkembang pesat. Setiap inovasi yang diciptakan selalu memberikan dampak positif bagi masyarakat secara luas. Bahkan berkat teknologi modern seperti sekarang, manusia dimudahkan untuk melakukan berbagai aktivitas setiap harinya.

Perkembangan teknologi alam berakibat pada sebuah evolusi manusia. Saat ini banyak orang tidak bisa lepas dengan gadgetnya. Ada banyak pekerjaan yang digantikan oleh robot yang secara pintar dapat menerima perintah penggunanya. Namun di sisi lain, perubahan tersebut juga memberikan dampak yang positif bagi banyak orang.

Salah satu teknologi yang saat ini sedang naik daun adalah Drone. Alat tersebut bisa dikatakan adalah pesawat atau mesin terbang tanpa awak yang dapat dikendalikan secara jarak jauh oleh pilot atau operator menggunakan remot. Teknologi ini memanfaatkan hukum aerodinamika agar alat tersebut terangkat, hingga mampu membawa muatan-muatan tertentu.

Mulanya drone digunakan untuk kepentingan misi militer, tujuannya agar mengurangi risiko prajurit gugur saat di medan pertempuran. Namun lambat laun drone dapat dimiliki oleh seseorang secara bebas. Syaratnya pemilik bisa mengoperasikan drone tersebut dan memiliki izin menerbangkan drone.

Saat ini teknologi drone dapat digunakan untuk berbagai keperluan seseorang maupun instansi tertentu dengan kepentingan yang berbeda-beda. Lalu apa saja fungsi dari drone? Kali ini techno.id akan memberikan 11 manfaat dari teknologi drone pada Selasa (31/5) yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Penanggulangan bencana alam.

Dengan adanya teknologi drone, memudahkan Tim SAR untuk mencari korban bencana alam yang terjadi. Drone dapat masuk ke area yang sulit dijangkau untuk menyisir apakah masih ada korban. Bahkan drone juga mempunyai fungsi untuk mencari rute terbaik bagi Tim SAR untuk mencapai titik korban.

2. Membantu perawatan infrastruktur.

11 Manfaat teknologi Drone, bisa untuk penanggulangan bencana alam

foto: pixabay.com

Drone dapat difungsikan untuk melakukan pengecekan area atas gedung-gedung tinggi. Alat tersebut dapat dipasang kamera canggih untuk mendeteksi apakah terdapat kerusakan tertentu, sehingga proses maintenance lebih aman. Bahkan pihak perawatan infrastruktur dapat dimudahkan dengan adanya drone.

3. Patroli perbatasan.

Petugas perbatasan suatu wilayah dapat melakukan patroli menggunakan sebuah drone. Bahkan dengan drone pemantauan bisa dilakukan dengan cepat dan efisien. Artinya penegakan hukum di wilayah perbatasan dapat dilakukan dengan baik. Apabila terjadi pelanggaran, petugas dapat secara mudah memberikan tindakan karena bantuan drone.

4. Untuk bidang pertanian.

11 Manfaat teknologi Drone, bisa untuk penanggulangan bencana alam

foto: pixabay.com

Pada bidang pertanian drone dapat difungsikan untuk memberikan pupuk secara cepat. Selain itu, drone juga membantu untuk membasmi hama seperti burung, tikus, dan lainnya. Pemilik ladang perkebunan maupun pertanian yang luas tentu membutuhkan drone untuk membantu agar lebih efisien.

5. Kepentingan fotografi.

Bagi anak muda tentu drone sering digunakan untuk kepentingan fotografi. Melakukan pengambilan gambar menggunakan drone tentu memberikan kesan estetika tersendiri. Bahkan fotografi dengan drone saat ini cukup digemari.

6. Memadamkan kebakaran.

11 Manfaat teknologi Drone, bisa untuk penanggulangan bencana alam

foto: pixabay.com

Selain Tim SAR, petugas pemadam kebakaran juga dapat dibantu dengan teknologi drone. Drone dapat dipasangkan tangki berisi air maupun sabun khusus untuk melakukan pemadaman api yang menjalar. Terlebih drone juga dapat masuk ke area-area sulit dijangkau, seperti hutan maupun pemukiman padat penduduk.

7. Syuting film.

Teknologi drone saat ini juga dimanfaatkan untuk pembuatan sebuah film. Dengan drone, kameramen dapat mengambil angel yang sulit dilakukan sekali pun. Lebih sering drone digunakan untuk syuting film action dan horor.

8. Keperluan pemetaan wilayah.

11 Manfaat teknologi Drone, bisa untuk penanggulangan bencana alam

foto: pixabay.com

Bagi seseorang yang bekerja pada bidang geografi tentu drone sangat membantu untuk memetakan suatu wilayah. Mapping juga digunakan untuk kepentingan seperti pertambangan, pembukaan lahan baru, hingga keperluan sebuah misi militer. Dengan drone sebuah wilayah dapat dipetakan secara detail.

9. Kepentingan penelitian.

Penelitian yang berkaitan dengan objek wilayah, tanah, atau ekosistem tertentu dapat terbantukan dengan drone. Para peneliti dapat mengambil data dari drone yang diterbangkan. Selain efisien, peneliti juga mendapatkan sebuah data akurat dan detail.

10. Keperluan events.

11 Manfaat teknologi Drone, bisa untuk penanggulangan bencana alam

foto: pixabay.com

Sebuah event tertentu dapat disukseskan dengan sebuah drone. Sebagai contoh drone dapat dipasangkan sebuah lampu dan melakukan berbagai gerakan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Drone dapat membentuk barisan tertentu dan menghasilkan bentuk keren sesuai yang diinginkan.

11. Liputan.

11 Manfaat teknologi Drone, bisa untuk penanggulangan bencana alam

foto: pixabay.com

Bagi para jurnalis, drone juga dapat membantu untuk dapat meliput sebuah kejadian dia rea yang sulit dijangkau. Seperti kondisi peperangan, bencana alam, demonstrasi, dan lainnya dapat dilihat menggunakan drone secara langsung, sehingga para pemirsa memperoleh informasi terkini secara detail. Selain itu, drone juga mencegah jatuhnya korban di kalangan pers saat melakukan liputan di tengah kondisi konflik.

(brl/guf)