5 Keunggulan MediaTek Dimensity 1300, bawa teknologi Hyper Engine 5.0

image

Techno.id - Salah satu komponen pada sebuah smartphone adalah chipset. Sebuah chipset berfungsi untuk mengatur berbagai pemrosesan data, grafis, kamera, modem, dan masih banyak lagi. Chipset dapat dikatakan sebuah otak dibalik performa sebuah smartphone.

Chipset atau dapat disebut SoC merupakan bagian penting perangkat smartphone. Bahkan semakin canggih chipset, maka ponsel akan semakin pintar, dan lancar dalam melakukan berbagai perintah. Ada berbagai merk chipset yang ditanamkan pada sebuah perangkat smartphone. Salah satunya adalah MediaTek.

MediaTek merupakan sebuah perusahaan yang membuat chipset dan produk semikonduktor asal Taiwan. Pabrikan tersebut sering dipercaya untuk memberikan chipset canggih namun terjangkau. Sehingga MediaTek selalu mengisi prosesor handphone kelas menengah. Terbaru mereka sukses mengeluarkan prosesor Dimensity 1300.

MediaTek Dimensity 1300 merupakan produk peningkatan dari edisi sebelumnya yaitu Dimensity 1200. Ada berbagai keunggulan pada chipset ini yang akan disajikan techno.id pada Rabu (12/4). Yuk, simak ulasannya.

1. Mempunyai performa tinggi.

MediaTek Dimensity 1300  berbagai sumber

foto: mediatek.com

MediaTek Dimensity 1300 dapat dikatakan chipset yang mempunyai performa tinggi. Hal tersebut disebabkan Dimensity 1300 mempunyai empat prosesor premium, yaitu ARM Cortex-A78 yang mempunyai kekuatan hingga 3 GHz. Ditambah SoC ini cukup efisien dalam penggunaan baterai berkat fabrikasi 6 nm yang dimiliki. Kemudian SoC ini juga mendukung untuk teknologi jaringan 5G. Bahkan terdapat peningkatan mode 5G yang diberikan yaitu 5G Elevator Mode dan 5G HSR Mode.

2. Miliki teknologi Hyper Engine 5.0.

MediaTek Dimensity 1300  berbagai sumber

foto: mediatek.com

Chipset MediaTek Dimensity 1300 juga membawa teknologi Hyper Engine 5.0. Teknologi ini memberikan rangkaian untuk mengoptimalkan perangkat saat memproses sebuah game. Dari mulai grafis, hingga performa akan diberikan kecepatan lebih tinggi dari edisi sebelumnya. Ditambah teknologi tersebut dapat meningkatkan latensi earbud nirkabel dari teknologi Bluetooth LE Audio dengan Dual-Link True Wireless Stereo Audio.

3. Mendukung untuk sensor kamera hingga 200 MP.

MediaTek Dimensity 1300  berbagai sumber

foto: mediatek.com

Chipset MediaTek Dimensity 1300 memberikan dukungan perangkat untuk dapat memaksimalkan potensi lensa dan sensor kamera. Terbukti SoC ini mampu mendukung sensor kamera hingga 200 MP. Bahkan MediaTek memberikan penyempurnaan pada sistem kamera Ai untuk chipset ini. Produsen mengklaim bahwa kualitas video menggunakan chipset buatan mereka mencapai kualitas 4K HDR. Lebih baik dari 4K HDR standar. Hal tersebut dapat dicapai berkat 3 exposure fusion yang diberikan.

4. Mendukung layar mencapai grafis tinggi.

MediaTek Dimensity 1300  berbagai sumber

foto: mediatek.com

Display layar dengan kualitas grafis tinggi dan responsif menjadi prioritas para produsen smartphone. Untuk itu MediaTek Dimensity 1300 memberikan dukungan untuk memberikan grafis layar hingga kualitas 4K dengan efisien. Hal tersebut berkat adanya teknologi dari Miravision MediaTek yang memberikan kualitas pemutaran video. Ditambah SoC terbaru dari MediaTek mampu memberikan dukungan refresh rate hingga 168 Hz. Sangat responsif dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan khususnya gaming.

5. Mendukung memori berkapasitas besar.

Kapasitas penyimpanan besar dibutuhkan untuk menunjang perangkat saat memproses berbagai aplikasi. Semakin besar kapasitas memori makan kuantitas aplikasi semakin tinggi. MediaTek Dimensity 1300 memberikan dukungan untuk perangkat menerapkan RAM LPDDR4x hingga 16 GB. Bahkan SoC ini sudah dapat mendukung memori internal UFS 3.1 terbaru.

Itulah 5 keunggulan dari MediaTek Dimensity 1300. Direncanakan chipset ini akan terpasang untuk pertama kalinya pada smartphone OnePlus Nord 3.


(brl/guf)