Xiaomi rilis TV Q1E 55 dan Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite, segini harganya

Xiaomi rilis TV Q1E 55 dan Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite, segini harganya

Techno.id - Sebagai brand yang telah malang melintang di dunia smartphone, Xiaomi juga sukses di pasar IoT atau Internet of Things. IoT adalah sebuah benda atau perangkat yang diberi teknologi seperti sensor dan software untuk berkomunikasi, mengendalikan, menghubungkan, dan bertukar data melalui perangkat lain selama tersambung internet. IoT cukup identik dengan machine-to-machine atau M2M. M2M merupakan smart device atau perangkat cerdas yang dapat membantu berbagai tugas manusia.

Perangkat IoT sering ditemui untuk membantu pekerjaan sektor pertanian, transportasi, hingga rumah tangga. Salah satu yang sering dijumpai adalah alat vacum rumah. Perangkat tersebut cukup populer dan saat ini bisa diandalkan untuk menjaga kebersihan rumah. Selain itu, masih ada banyak alat yang ditanam IoT.

Xiaomi di penghujung bulan Mei ini telah berhasil mengeluarkan dua perangkat IoT terbaru mereka. Produk pertama yang mereka perkenalkan adalah Xiaomi TV Q1E 55. Kemudian terdapat produk Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite. Kedua perangkat tersebut digadang-gadang dapat menjawab kebutuhan pasar karena teknologi yang dipasang.

Penasaran seperti apa bentuk dari kedua device IoT terbaru dari Xiaomi? Kali ini, Kamis (26/5),techno.id akan memberikan spesifikasi dan harga dari perangkat TV dan vacum milik Xiaomi tersebut.

1. Xiaomi TV Q1E 55.

Xiaomi rilis TV Q1E 55 dan Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite, segini harganya

foto: mi.co.id

Xiaomi TV Q1E 55 dibekali dengan layar tipe QLED beresolusi 4K 2160 X 3840 piksel. Mempunyai gamut warna DCI-P3 97% dan kedalaman warna hingga 1,07 milyar. Layar tersebut dapat menciptakan refresh rate hingga 60 Hz. Membuat perpindahan gambar cukup halus dan natural. Xiaomi juga memberikan teknologi Dolby Vision untuk memberikan grafis terbaik untuk penggunaannya.

Xiaomi TV Q1E 55 juga dibekali dengan speaker stereo dengan output suara 15 W + 15 W. Speaker tersebut sudah mendukung Dolby Audio dan DTS-HD.

Xiaomi memberikan prosesor MediaTek 9611 dengan CPU Quad-core Cortex A55 dan GPU ARM Mali G53. RAM dari TV ini juga cukup lega, berkapasitas 2 GB dan memori internal 32 GB. Untuk sistem operasi, Xiaomi TV Q1E 55 menggunakan Android TV 10. Dengan prosesor tersebut, pengguna dapat merasakan kepuasan saat mengakses berbagai film, show, maupun aplikasi.

Xiaomi TV Q1E 55 juga merupakan TV pertama Xiaomi yang mendukung DVB-T2. Desain dari TV ini juga futuristis dengan tampilan tanpa bezel berwarna abu-abu. Terdapat dua kaki penyangga dari logam, lampu notifikasi LED, dan tombol untuk mematikan mikrofon.

Perangkat ini juga didukung fitur Chromecast yang memungkinkan untuk pengguna menghubungkan TV dengan berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, maupun laptop. Pengguna juga dapat melakukan perintah suara berkat adanya Google Assistant yang terhubung dengan AIoT.

Xiaomi TV Q1E 55 dibanderol dengan harga Rp 8.499.000. Penjualan akan dilakukan mulai 1 Juni 2022, dan tersedia pada toko resmi Xiaomi baik online maupun offline.

2. Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite.

Xiaomi rilis TV Q1E 55 dan Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite, segini harganya

foto: mi.co.id

Xiaomi juga merilis produk ekosistem terbaru di Tanah Air yaitu Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite. Perangkat vacum ini mempunyai tiga mode yaitu sapu, pel, dan combo sapu-pel. Tentu perangkat ini cukup cocok digunakan untuk para pengguna yang baru pertama kali akan mencoba alat vacum IoT.

Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite mempunyai kemampuan untuk mengenali setiap garis pembatas, sehingga secara otomatis perangkat dapat menyesuaikan arah dan membuat proses pembersihan lebih efisien. Bahkan apabila terdapat perbedaan elevasi lantai juga dapat diatasi perangkat ini berkat kemampuan memanjat hingga 20 mm.

Device ini memiliki desain yang ramping, sehingga dapat menjangkau berbagai area sempit dengan mudah. Robot vacuum ini memiliki kapasitas penampungan debu hingga 450 ml, dan tangki air plug in play berkapasitas 270 ml. Daya hisap dari vacum ini mencapai 2200 Pa, yang dapat mengangkat berbagai debu dan kotoran secara optimal.

Vacum ini mempunyai kelebihan dengan tingkat kebisingan yang rendah dan konstan. Bahkan Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite dapat terkoneksi dengan perangkat yang kompatibel seperti Mi Home/Xiaomi Hom App Control, serta perintah suara melalui Google Assistant dan Alexa.

Untuk harga, Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite dibanderol dengan Rp 2.799.000. Tersedia pada 1 Juni 2022 di toko online maupun offline resmi Xiaomi.

(brl/tin)