Windows 10 bajakan akan 'diganggu' dengan watermark

Windows 10 bajakan akan 'diganggu' dengan watermark

Techno.id - Sebelumnya Microsoft sempat dikabarkan akan menyediakan sistem operasi terbaru Windows 10 secara gratis bagi pengguna Windows 7 dan Windows 8, termasuk pengguna versi bajakan atau palsu. Namun melalui blog resmi Windows, Microsoft akhirnya mengklarifikasi bahwa kabar tersebut tidak benar.

"Ketika kami tidak dapat memverifikasi bahwa Windows 10 telah terpasang di sebuah perangkat, berlisensi resmi, dan tidak dimodifikasi, kami akan menampilkan watermark pada desktop untuk mengingatkan pengguna," tulis blog resmi Windows tersebut (15/05/2015).

Dengan kata lain, pengguna yang mencoba untuk memperbarui ke sistem operasi Windows 10 dari sistem operasi Windows 7 atau Windows 8 bajakan, maka watermark akan terus muncul dalam kurun waktu singkat sebagai sebuah peringatan bahwa Windows yang sedang digunakan adalah palsu atau bajakan (non-genuine).

Kendati begitu, Microsoft melalui blog resmi Windows tidak menjelaskan secara spesifik mengenai bagaimana bentuk dan posisi dari watermark yang nantinya akan muncul pada Windows 10. Sebagai referensi jika mengikuti Windows versi terdahulu, maka tampilan watermark akan muncul di pojok kanan bahwa pada layar desktop.

Menariknya, di halaman yang sama Microsoft juga mengatakan bahwa mereka juga memberikan 'tawaran upgrade ke Windows 10 yang sangat menarik' untuk pengguna non-genuine Windows. Sayangnya, Microsoft juga enggan merinci lebih jauh mengenai tawaran menarik tersebut.

(brl/red)