Windows Media Center tak lagi hiasi Windows

Windows Media Center tak lagi hiasi Windows

Techno.id - Microsoft memang telah berhenti mengembangkan aplikasi Windows Media Center sejak tahun 2009 silam. Namun menariknya, Microsoft ternyata masih menyertakan aplikasi ini di Windows 8, yakni sistem operasi Microsoft yang masih tergolong baru.

Seperti dikutip The Verge (02/05/15), Microsoft dikabarkan sedang benar-benar berniat untuk 'membunuh' Windows Media Center di sistem operasi terbarunya Windows 10. Dengan kata lain, pengguna Windows 7 atau Windows 8.1 yang telah bermigrasi ke Windows 10, maka Windows Media Center akan hilang secara otomatis.

Bagi beberapa pengguna, hilangnya Windows Media Center mungkin bukanlah hal yang cukup berpengaruh. Namun berdasarkan sepak terjangnya, aplikasi ini ternyata dianggap sebagai sebuah ikon tersendiri karena selalu menghiasi semua tipe sistem operasi Windows.

Windows Media Center pertama kali dikenalkan di tahun 2001 pada Windows XP Media Center Edition. Selanjutnya aplikasi ini terus 'menampakkan diri' hingga Windows Vista (Home Premium dan Ultimate), Windows 7 (Home Premium, Professional, Enterprise, dan Ultimate), dan Windows 8.

Sekadar informasi bahwa Windows Media Center adalah sebuah aplikasi bawaan Windows yang memiliki fungsi utama sebagai alat pemutar multimedia. Biasanya aplikasi ini digunakan untuk memutar musik dan video, melihat foto, dan menjalankan aplikasi Windows lainnya pada hard drive Windows.

(brl/red)