CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 23 September 2015 06:00

Waspada, 16 Karakter ini bisa buat Google Chrome 45 alami crash

Jangan ketikkan 16 karakter berikut ini jika tidak ingin Google Chrome 45 Anda mengalami crash

Waspada, 16 Karakter ini bisa buat Google Chrome 45 alami crash

Techno.id - Sebelumnya, pembaruan Chrome versi 45 diapresiasi karena konsumsi memori yang telah berkurang banyak. Namun siapa sangka jika di balik kelebihan itu, Chrome 45 ternyata membawa satu bug sepele yang boleh dikatakan cukup mengganggu?

Seperti dikutip dari Ubergizmo (22/09), ada 16 karakter yang ketika diketikkan ke dalam kolom url, maka web browser besutan Google ini akan crash secara tiba-tiba. Ke-16 karakter ini di antaranya yakni "http://a/%%30%30" (tanpa tanda kutip).

Bug 16 karakter di Chrome 45 ini sendiri untuk pertama kalinya ditemukan oleh seorang pria bernama Andris Atteka. Ia pun kemudian menuangkan kronologi bagaimana bug ini ditemukan melalui blog pribadinya.

Secara umum, Atteka menjelaskan jika 16 karakter ini akan mulai 'bekerja' setelah tombol Enter ditekan. Namun dalam beberapa kasus, beberapa pengguna bahkan langsung mengalami crash sebelum tombol Enter ditekan.

Sementara untuk kasus lainnya, Chrome juga akan menutup program secara paksa ketika cursor mouse diarahkan ke tautan tersebut. Menurut Atteka, sumber masalah dari bug ini adalah DCHECK yang berada di bagian kode history GURL.

Untungnya, bug ini tidak menyinggung ke sektor keamanan sehingga masih cenderung tidak berbahaya. Selain itu, bug ini juga masih hanya ditemukan di versi desktop. Sedangkan di versi Android dilaporkan tidak ada masalah.

WHAT TO READ NEXT ?