CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 4 Agustus 2015 14:00

Tren game buatan Indonesia lebih condong ke mobile

"Investor melihat game developer Indonesia saat ini termasuk yang paling maju di Asia Tenggara."

Tren game buatan Indonesia lebih condong ke mobile

Techno.id - Industri game nasional semakin kuat saja geliatnya. Faktanya, hasil survei dari Newzoo tahun 2014 silam menyimpulkan kalau industri game di Indonesia memiliki nilai yang cukup tinggi, yakni Rp2,3 triliun. Sementara dari segi kuantitas, setidaknya ada 100 game baru asli Indonesia yang dirilis setiap tahunnya.

Lalu sekarang, kemana para developer lokal akan membawa industri ini?

"Saat ini developer Indonesia lebih melihat tren baru, yaitu game mobile. Sudah banyak juga investor yang invest di game developer Indonesia," begitu papar Andi Suryanto pada Merdeka.com (31/07/15).

Pria yang kini menyandang jabatan sebagai ketua Asosiasi Game Indonesia (AGI) itu juga yakin kalau masa depan industri game nasional akan cerah. Gara-garanya, para pengembang game lokal sudah makin kreatif dan produktif.

"Investor melihat game developer Indonesia saat ini termasuk yang paling maju di Asia Tenggara. Sehingga, banyak sekali investor yang masuk ke Indonesia terutama 1 tahun terakhir ini," ujarnya.

Namun kedepannya, ia mengharap tetap ada dukungan dari pemerintah untuk memacu perkembangan industri game Indonesia.  Sebab, besarnya market game mobile kini juga harus dijaga, supaya setidaknya dalam satu tahun ke depan game buatan dalam negeri bisa mendunia.

"Untuk pemerintah saya berharap industri game juga bisa didukung iklimnya seperti industri kreatif lainnya seperti musik dan film," simpulnya.

WHAT TO READ NEXT ?