CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 4 Agustus 2015 07:00

Ayo adu kekayaan kosakata Anda di game Sambung Kata!

Game gratisan ini juga bisa Anda manfaatkan untuk belajar bahasa dan menabung perbendaharaan kata, lho.

Ayo adu kekayaan kosakata Anda di game Sambung Kata!

Techno.id - Menjawab pertanyaan "seberapa 'Indonesia'-kah Anda saat ini?" sebenarnya sederhana saja. Sebab, ada tolok ukur yang bisa diambil, yakni kemampuan dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang baku. Nah, bagi Anda yang merasa sudah melewati standar itu, beranikah menerima tantangan dari Bung Kata untuk bermain game Sambung Kata?

Ya, inilah salah satu game edukatif buatan developer lokal yang sayang untuk Anda abaikan. Seperti namanya, Sambung Kata mengajak Anda untuk menyambungkan kata dari suku kata terakhir untuk menjadi kata baru. Serunya, Anda hanya diberi waktu 10 detik saja untuk melakukannya dan kata yang digunakan sepanjang permainan harus kata dasar yang baku dan tak boleh diulang kembali kalau sudah dipakai.

Di game gratisan ini, selain bisa beradu dengan Bung Kata, Anda juga bisa berduel dengan teman-teman Anda. Pilih saja opsi Multiplayer untuk bermain satu-lawan-satu dengan user lain melalui koneksi Google Play Games. Namun kalau ingin lebih praktis, Anda bisa bermain dengan satu gadget saja secara bergantian dengan memilih opsi Main Sendiri.

Game ini pun bisa Anda manfaatkan untuk memperkaya kosakata Anda. Caranya, pasca memainkan satu permainan, Anda bisa memilih opsi Rekap Kata. Di sana, terdapat kata-kata yang sudah dipakai selama permainan sebelumnya berserta definisinya. Sementara itu, tiga mode game lainnya, yaitu Raja Kombo, 60 Detik, dan Sudden Death, bakal melatih Anda untuk menemukan kata yang diminta secara cepat plus cekatan dalam mengetiknya.

Menurut tim Techno.id, UI dari game ini juga sudah menarik. Tampilannya yang didominasi warna cerah, pemilihan font yang baik untuk menunjukkan definisi kata yang ukurannya lebih kecil, serta tersedianya keyboard khusus dan fresh dari Sambung Kata menjadi nilai tambah tersendiri.

Yang sedikit mengganjal dari game buatan Creacle Studio ini hanyalah penggunaan kata yang ternyata tak 100 persen baku. Contohnya kalau Anda mengetik kata "Duren", Sambung Kata akan tetap membetulkan jawaban Anda itu, meski menurut KBBI, kata yang benar adalah "Durian". Akan tetapi, ambil saja manfaatnya, dengan meng-input kata yang tidak baku dan mendapat pembenaran langsung, Anda jadi mengetahui mana kata yang benar dan mana yang salah, bukan?

Penasaran ingin mencobanya? Silakan unduh Sambung Kata di Google Play Store dan Windows Phone. Untuk Anda pengguna iOS, sabar dulu ya, Creacle Studio akan menyediakan game ini dalam waktu dekat di App Store, kok.

WHAT TO READ NEXT ?