CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 26 September 2015 11:00

Tips merekam percakapan telepon via Android

Google masih belum membekali Android dengan fitur yang dapat merekam percakapan via telepon. Namun bukan berarti hal ini tidak dapat dilakukan

Tips merekam percakapan telepon via Android

Techno.id - Chandra Wijaya

Dalam beberapa kasus, merekam isi percakapan via telepon terkadang memang sangat diperlukan. Sebut saja salah satu contohnya seperti pekerjaan seorang reporter saat melakukan sesi wawancara.

Sayangnya, hingga versi Lollipop dirilis, Google masih belum juga membekali Android dengan fitur yang dapat merekam percakapan via telepon. Alhasil, pengguna pada akhirnya harus menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga.

Bicara soal aplikasi Android yang dapat merekam percakapan via telepon, saat ini memang sudah banyak tersedia di Play Store. Namun kali ini, tim Techno.id akan menggunakan aplikasi bernama "Automatic Call Recorder".

Mengapa Automatic Call Recorder? Pertama, aplikasi ini memiliki rating yang cukup tinggi. Kedua, tampilan antarmuka yang mudah untuk digunakan. Ketiga, aplikasi ini bersifat gratis. Berikut tutorial sederhananya:

Asumsikan saja saat ini Anda sudah memasang dan menjalankan aplikasi Automatic Call Recorder di perangkat Android Anda. Maka, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat pengaturan melalui menu "Settings" yang terletak di pojok kanan atas layar.

Yang perlu disesuaikan, beri tanda centang pada opsi "Record calls". Kemudian di bagian "Media settings", ubah opsi "File Type" ke dalam format WAV, serta ubah opsi "Audio Source" ke dalam opsi "Mic".

Setelah pengaturan di atas selesai dilakukan, Anda sudah dapat menutup aplikasi ini. Selanjutnya, perangkat Android Anda akan mulai merekam segala percakapan via telepon baik itu berupa panggilan keluar atau panggilan masuk.

WHAT TO READ NEXT ?