3 Game Android gratis tentang programming untuk anak Anda

3 Game Android gratis tentang programming untuk anak Anda

Techno.id - Jika buah hati Anda termasuk yang susah lepas dari tablet atau smartphone Android, jangan langsung melarang dan menghukumnya. Sebab, ada jalan lain yang bisa Anda tempuh untuk membuat gadget kesayangannya lebih bermanfaat sekaligus mendukung minatnya di bidang teknologi dan programming. Caranya ialah dengan memasang tiga aplikasi gratisan ini:

1. Tynker

3 Game Android gratis tentang programming untuk anak Anda

Game yang mengasah otak memang banyak. Namun, hanya sedikit game yang mengajarkan pemikiran algoritma ala Tynker. Game ini bertujuan untuk membantu anak Anda dengan memperkenalkan sedikit ranah coding tanpa koneksi internet. Biarkan anak Anda mengembangkan kreativitas dan logikanya dengan cara membuat karakter dan level sendiri serta bermain game yang mempertajam kecerdasan spasial di sini. Jika Anda sudah memiliki ruang kosong sekitar 105 MB dan OS Android 4.0, silakan mengunduh Tynker.

2. Hakitzu Elite: Robot Hackers

3 Game Android gratis tentang programming untuk anak Anda

Susahnya belajar JavaScript kini tak perlu dialami lagi karena Kuato Studios sudah membuatkan game bertajuk Hakitzu Elite: Robot Hackers. Tak hanya cocok buat anak-anak, game ini pun bisa dipakai oleh orang dewasa untuk mengenal ilmu dasar programming di JavaScript. Uniknya, developer game ini menjanjikan bahwa Anda benar-benar bisa belajar dari nol. Dengan ukuran yang hanya 80 MB, game ini mengajak Anda menjadi programmer robot yang hebat sekaligus menaklukkan robot orang lain di arena bertarung.

3. The Foos: Free Code Hour

3 Game Android gratis tentang programming untuk anak Anda

Kata siapa memperkenalkan programming pada anak-anak itu sulit? The Foos: Free Code Hour adalah permainan sederhana yang bisa mengarahkan anak pada aktivitas tersebut. Di tiap levelnya, game ini akan meminta anak Anda untuk menyelesaikan puzzle atau menaati instruksi khusus yang diberikan. Yang spesial dari game buatan codeSpark ini adalah ukurannya yang ringan, yaitu 49 MB saja. Game ini pun dijamin tidak akan membosankan karena memiliki karakter dan grafik yang lucu sekaligus menarik.

Semoga saja anak Anda bisa menjadi penerus Bill Gates, Tim Berners-Lee, ataupun Mark Zuckerberg setelah memainkan game yang mendidik dan berfaedah di atas.

(brl/red)