CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 7 Mei 2016 13:00

Sukses di Jakarta, Qlue pun kini hadir di 12 kota besar Indonesia

Qlue menghadirkan aplikasi SmartCities.ID ke 12 kota besar di Indonesia, salah satunya adalah Surabaya.

Sukses di Jakarta, Qlue pun kini hadir di 12 kota besar Indonesia

Techno.id - Qlue platform smart city yang sukses meningkatkan pelayanan publik di kota Jakarta, kini dilaporkan telah merilis aplikasi terbaru bernama SmartCities.ID ke 12 kota besar di Indonesia. Sama seperti aplikasi yang diluncurkan untuk warga Jakarta, SmartCities.ID bertujuan untuk menyambungkan tali komunikasi antara warga dan pemerintah kota secara digital semudah genggaman tangan lewat smartphone warga.

Dalam siaran pers yang diterima Techno.id (5/5/16), disebutkan jika aplikasi yang dirancang berkat kerja sama dengan perusahaan besar, startup, dan asosiasi dalam skala global ini telah dilengkapi dengan konten lokal secara virtual reality 360. Adapun konten tersebut meliputi pariwisata, fasilitas umum, berita terbaru, dan keluhan masyarakat yang sebagian sudah terintegrasi dengan sistem pemerintahan kota untuk penanganan keluhan masyarakat.

"Kami akan terus bekerja sama dengan kita-kota besar di Indonesia untuk memaksimalkan pengembangan sistem smart city dan dapat bergabung segera dengan SmartCities.ID sehingga tujuan kota-kota cerdas lebih cepat tercapai," ujar Rama Raditya CEO Qlue.

Lebih lanjut Rama menjelaskan jika aplikasi ini sudah terintegrasi dengan laporan warga Qlue, sehingga masyarakat juga dapat mengakses informasi keluhan warga secara real-time. Dengan adanya fitur terintegrasi ini, Rama berharap aplikasinya bisa menjadi alat pendorong bagi masyarakat untuk peduli dengan melaporkan masalah yang terjadi di kotanya.

"Dengan adanya SmartCities.ID ini, kami ingin membuat perubahan yang lebih baik dan lebih cepat menjadikan Indonesia sebagai Smart Nation," tuturnya.

Sekadar informasi, aplikasi yang masih tersedia untuk perangkat Android ini sudah tersedia dan dapat segera diunduh oleh warga-warga di 12 kota besar Indonesia. Adapun kedua belas kota yang dimaksud adalah Bandung, Makassar, Denpasar, Manado, Surabaya, Bogor, Depok, Palembang, Bekasi, Yogyakarta, Pekanbaru, dan Semarang.

Ilustrasi aplikasi SmartCities.ID
© 2016 Qlue

WHAT TO READ NEXT ?