CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 4 November 2015 20:00

Studi: Membuat aplikasi iOS lebih mudah ketimbang Android

Membuat aplikasi untuk platform Android dinilai lebih sulit dan lebih banyak ketimbang membuat aplikasi untuk platform iOS

Studi: Membuat aplikasi iOS lebih mudah ketimbang Android

Techno.id - Secara harfiah, smartphone bisa menjadi pintar berkat bantuan aplikasi. Dalam beberapa kasus, aplikasi bahkan juga dianggap berperan signifikan bagi popularitas platform mobile. Ya, semakin lengkap aplikasi yang tersedia, semakin populer pula platform tersebut.

Bicara soal platform, saat ini yang paling mendominasi adalah Android dari Google dan iOS dari Apple. Mereka berdua memiliki aplikasi yang sama-sama lengkap dan banyak. Pertanyaannya, manakah platform yang paling mudah bagi para pengembang untuk membuat aplikasi?

Berdasarkan hasil studi terbaru dari pengembang aplikasi Infinum, iOS ternyata dinilai lebih mudah ketimbang Android. Menurut studi tersebut, aplikasi Android membutuhkan coding 38 persen lebih banyak ketimbang iOS untuk satu aplikasi yang sama.

Sebagaimana dikutip dari Pocketnow (02/11), gambaran sederhananya, dibutuhkan sebanyak enam garis kode tambahan untuk membuat aplikasi kompatibel dengan iOS. Sementara itu, dibutuhkan sebanyak 9.000 baris kode tambahan untuk membuat aplikasi kompatibel dengan Android.

Selain itu, studi ini juga mengungkap bahwa tidak sedikit para pengembang aplikasi yang mengeluhkan emulator Google untuk Android. Berbeda dengan versi iOS yang diklaim lebih dapat diandalkan, baik dari sisi fitur hingga keakuratan hasil.

Atas dasar itu, studi ini menambahkan jika jasa pengembang aplikasi Android mematok harga 30 persen lebih mahal ketimbang pengembang aplikasi untuk iOS. Alasannya tak lain adalah waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk aplikasi Android memang lebih banyak

WHAT TO READ NEXT ?