Smart Manager, aplikasi utility buatan Samsung

Smart Manager, aplikasi utility buatan Samsung

Techno.id - Sama halnya dengan PC dan laptop, smartphone juga membutuhkan perawatan sistem secara berkala. Hal ini tak lain adalah untuk menjaga performa terbaik smartphone khususnya di sektor keamanan (security), memori internal, RAM, bahkan hingga baterai.

Kabar gembiranya, Samsung baru saja merilis aplikasi baru yang memang dirancang khusus untuk itu. Sebagaimana dikutip dari Samsung Tommorow (04/11), aplikasi ini diperkenalkan dengan nama Smart Manager.

Ada empat fitur utama yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Pertama adalah optimasi baterai, kedua adalah optimasi kapasitas storage (memori internal), ketiga adalah RAM, dan yang terakhir adalah security. Berikut fungsi masing-masing fitur.

Di sektor baterai, Smart Manager menyajikan sejumlah fitur optimalisasi baterai terutama dari aspek konsumsi. Mereka adalah Always Optimizing, Automatically Optimizing, Disable For, Power Saving Mode, dan Ultra Power Saving Mode.

Sesuai namanya, pengguna dapat mengatur konsumsi baterai dari sejumlah fitur baterai di atas. Yang membuat aplikasi ini cukup menarik, Smart Manager juga mampu mengeksekusi aplikasi background yang selalu ini menjadi momok pengguna Android.

Di sektor storage dan RAM, pengguna dapat melakukan optimasi dengan satu klik saja. Storage pada umumnya adalah menghapus temporary files (seperti cache pada browser). Sementara itu, RAM adalah untuk meningkatkan performa RAM itu sendiri.

Di sektor security, Smart Manager dapat melakukan proses pemindai otomatis guna mendeteksi malware yang mungkin sedang menjangkiti perangkat penggunanya. Aplikasi ini juga mampu memperingatkan penggunanya jika perangkat sedang didekati malware.

Sayangnya, Smart Manager saat ini masih hanya mendukung sejumlah perangkat Samsung. Mereka adalah Galaxy S6, S6 Edge, S6 Edge+, S5, S4, Note 5, Note 4, dan Note 3. Samsung juga belum merinci kapan aplikasi ini akan tersedia di perangkat yang lebih banyak

(brl/red)