CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 5 September 2015 18:00

Sempat diberedel di App Store, aplikasi ini makin berjaya

Pendiri AppGratis, Simon Dawlat menceritakan pengalamannya pada tim Techno.id.

Sempat diberedel di App Store, aplikasi ini makin berjaya

Techno.id - Meski kini sukses menggaet puluhan juta user, perjalanan AppGratis tidaklah mudah. Aplikasi yang teguh memberikan aplikasi gratis setiap harinya pada penggunanya itu pernah mengalami momen pelik. Simon Dawlat, pendiri aplikasi berusia tujuh tahun itu, menceritakan pengalamannya pada tim Techno.id (02/09/15) tentang saat terberat dalam kiprah AppGratis, yakni saat diboikot di Apple App Store.

Jumat, 5 April 2013, AppGratis secara tiba-tiba diberedel dari toko maya Apple itu. Simon pun menggambarkan betapa kacaunya hari itu, tak hanya baginya, tetapi juga bagi banyak orang.

"12 juta pengguna iOS kami bingung ke mana aplikasi favorit mereka pergi, 45 karyawan saya bertanya-tanya apakah mereka akan tetap bekerja minggu depan, mitra dan investor kami terkejut, dan saya sendiri sangat bingung menghadapi situasi ini."

Namun, tak ada hari mendung yang selamanya berkuasa. Setelah terus mendapat dukungan dari user, developer, dan klien secara global, beberapa minggu pasca ditarik peredarannya di App Store, AppGratis malah tersedia untuk user Android di seluruh dunia. Untuk tetap menjalin hubungan dengan pengguna iOS mereka di seluruh dunia, kini AppGratis mengirimkan aplikasi gratis yang mereka sajikan melalui newsletter dan website mereka.

Tak hanya fokus di bidang app discovery, AppGratis juga bertekad untuk membantu rekan-rekan developer yang ingin berkembang. Tahun lalu, mereka meluncurkan beberapa proyek, seperti Batch, yakni toolkit lengkap untuk para developer untuk mengatur aplikasi buatan mereka dan mendekatkan diri pada user.

WHAT TO READ NEXT ?