CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 24 Februari 2016 10:00

Selain kenalkan Super VOOC, OPPO juga kenalkan SmartSensor di MWC 2016

SmartSensor merupakan teknologi OIS berbasis sensor yang menjanjikan kinerja mumpuni dan terbaik.

Selain kenalkan Super VOOC, OPPO juga kenalkan SmartSensor di MWC 2016

Techno.id - Super VOOC bukanlah satu-satunya teknologi baru yang diperkenalkan oleh OPPO di ajang Mobile World Congress 2016. Perusahaan asal Negeri Tirai Bambu itu dilaporkan juga meluncurkan SmartSensor, sebuah teknologi Optical Image Stabilization (OIS) berbasis sensor yang diklaim jauh lebih cepat dan ringan ketimbang teknologi lensa yang digunakan pada smartphone selama ini.

Sebagaimana dilansir oleh AndroidPolice (23/2/16), teknologi SmartSensor dari OPPO ini dilaporkan berbeda dengan teknologi lensa OIS yang digunakan selama ini. Pasalnya, alih-alih menggunakan motor untuk menggeser lensa sekitar untuk mengimbangi gerakan, SmartSensor malah membuat lensa stabil dan membuat sensor melawan gerakan.

Pihak OPPO juga mengungkapkan jika SmartSensor dapat memberikan stabilisasi gambar tiga sumbu dan dapat mendeteksi gerakan pada gulungan sumbu. Nah, berkat kemampuannya itu, SmartSensor dilaporkan tiga kali lebih cepat dari teknologi OIS berbasis lensa serta dapat mengompensasi getaran pada gambar hingga 15ms (pada teknologi OIS berbasis lensa dibutuhkan hingga 50ms untuk mengompensasi getaran).

Menariknya, SmartSensor juga mempunyai ukuran yang tipis. Bahkan, disebutkan jika ukuran sensor diperkirakan setipis dua lembar kertas sehingga sangat cocok diaplikasikan pada smartphone zaman sekarang yang cenderung mengusung desain tipis.

Nah, karena tidak menggunakan motor untuk memindahkan lensa sekitar, maka SmartSensor dilaporkan mengonsumsi daya 50 kali lebih sedikit. Hal ini menyebabkan perangkat mobile yang menggunakan SmartSensor akan terhindar dari masalah pemanasan yang dapat memengaruhi kualitas gambar.

Sayangnya, pihak OPPO tak menyebutkan kapan teknologi canggihnya itu mulai tersedia di pasaran. Namun, melihat manfaat yang dihasilkan maka bisa jadi SmartSensor akan tersedia dan siap digunakan dalam waktu dekat ini. Mari tunggu saja kabar lanjutan dari OPPO.

WHAT TO READ NEXT ?