Ponsel Android juga bisa mengolah foto berformat RAW

Ponsel Android juga bisa mengolah foto berformat RAW

Techno.id - Istilah foto berformat RAW biasa digunakan oleh fotografer pemegang kamera DSLR ataupun mirrorless. Dengan file yang masih berformat RAW, mereka bisa mengedit lagi foto yang dihasilkan, terlebih jika pencahayaannya kurang memuaskan atau salah pengaturan kamera saat memotret.

Mengolah foto berformat RAW memang tidak mudah. Dibutuhkan software khusus bawaan kamera atau software editing foto profesional. Itupun masih harus dijalankan melalui PC atau laptop. Namun kini, ponsel berbasis Android pun telah mampu melakukan hal tersebut.

Seperti yang telah diberitakan oleh Connect Digital Photography Review pada hari Kamis (29/10/15) lalu, jika Anda pemegang ponsel berbasis Android 5.0 ke atas, mengolah foto berformat RAW adalah hal yang mudah untuk dilakukan.

Ponsel Android juga bisa mengolah foto berformat RAW

Beberapa ponsel Android high-end dibekali fitur RAW pada kameranya. Kini, Anda tak perlu lagi bingung bagaimana cara mengolah file foto tersebut langsung melalui ponsel.

Syaratnya sangat mudah, Anda cukup mengunduh sebuah aplikasi yang bernama Snapseed pada Google Play Store. Snapseed 2.1 dibekali fitur untuk mengolah foto yang masih berformat RAW, baik hasil jepretan ponsel maupun kamera lain.

Kini, Anda juga bisa menghasilkan foto yang setara dengan DSLR atau mirrorless meski hanya berbekal kamera ponsel berbasis Android. Selamat mencoba!

(brl/red)