CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 17 Mei 2016 15:00

Mungkinkah ada hal yang sangat mengejutkan dari Android N?

Mungkin saja, kok. Terlebih dari bocoran yang sudah beredar, Android N tampak tak kalah keren dibanding versi sebelumnya maupun dengan OS lain.

Mungkinkah ada hal yang sangat mengejutkan dari Android N?

Techno.id - Sudah menjadi kegiatan wajib setiap tahunnya, I/O dijadikan ajang bagi Google untuk memamerkan versi terbaru Android. Pun dengan tahun ini, pengenalan besar-besaran Android N adalah agenda yang dinanti di I/O 2016. Selain menunggu kepastian dari Google perihal makanan apa yang akan dipilih untuk melengkapi inisial Android N, ada beberapa fitur yang rumornya bakal dibekalkan di versi teranyar OS berusia 7 tahun itu.

Pertama, dikatakan pengguna Android N akan bisa menggunakan fitur mirip 3D Touch di iOS. Walau tak memanfaatkan hardware tertentu, fitur yang sempat dipamerkan di Developer Preview ini bakal banyak membantu user, contohnya dalam mengecek notifikasi secara cepat.

Kemudian, Android N juga diisukan punya fitur multi-windows. Kalau Android N sudah mengizinkan user untuk men-split layar gadget yang sedang digunakan untuk mengakses dua atau lebih aplikasi, maka Microsoft harus was-was. Pasalnya, kelebihan multi-tasking yang mereka gaungkan, terlebih sejak Lumia 950XL hadir di pasaran, akan tersaingi. Yap, sejauh ini, Windows 10 Mobile belum menunjukkan intensi untuk menyediakan multi-windows langsung di smartphone.

Adapun rumor minor yang turut mengiringi hari kelahiran Android N, sebut saja pemilahan notifikasi antara yang sekadar pemberitahuan dan yang sifatnya membutuhkan aksi cepat dari user, data saver, serta manajemen baterai yang lebih baik.

Namun, bukan tidak mungkin Google juga sedang menyimpan kejutan lain yang hanya akan diberitahukan saat hari-H. Kalau melihat kebiasaan Google yang memberikan upgrade penting di OS Android setiap dua tahun sekali, Android N punya potensi ke sana. Sebab, terakhir kali Google membuat perombakan besar ialah ketika Lollipop hadir dengan Material Design-nya yang menjadikan ciri khas sekaligus seragam Android secara visual hingga sekarang.

WHAT TO READ NEXT ?