Mengenal fitur "Mode Edit" pada Microsoft Word

Mengenal fitur "Mode Edit" pada Microsoft Word

Techno.id - Chandra Wijaya

Di dalam Microsoft Office, ada dua macam "Mode Edit" yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan tertentu. Kedua Mode Edit ini bernama "Insert" dan "Overtype". Lalu, apa fungsi dari kedua Mode Edit ini?

Secara default, Microsoft Office menggunakan mode Insert. Adapun fungsi dari mode ini adalah menggeser karakter (huruf atau kata) ketika cursor tengah berada di belakang karakter itu sendiri.

Sedangkan fungsi dari mode Overtype adalah kebalikannya. Sesuai namanya, mode ini akan menghapus alias menumpuk karakter (huruf atau kata) ketika cursor tengah berada di belakang karakter itu sendiri.

Ada tiga langkah yang dapat dilakukan untuk melihat Mode Edit yang saat ini sedang digunakan. Di Microsoft Word 2007, langkah pertama adalah dengan menggunakan indikator di "Status Bar".

1. Status Bar

Mengenal fitur

Pertama, klik kanan pada area kosong di sepanjang status bar (biasanya lokasi kosong terletak di bagian tengah). Jika prosesnya benar, maka akan muncul deretan menu seperti tampak pada gambar di atas.

Mengenal fitur

Kemudian, klik opsi "Overtype" hingga tanda centang muncul di bagian kiri yang disertai dengan warna background yang berubah menjadi kuning. Jika prosesnya benar, maka status bar akan menampilkan Mode Edit bertuliskan Insert.

(brl/red)