CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 21 Januari 2016 16:00

Mantan bos Mozilla buat web browser bebas iklan

Ketimbang Adblocker, web browser ini diklaim lebih 'manusiawi'.

Mantan bos Mozilla buat web browser bebas iklan

Techno.id - Mantan CEO Mozilla, Brendan Eich kabarnya kini tengah mengembangkan sebuah web browser bebas iklan. Web browser yang dinamai Brave itu kabarnya bakal memblok semua iklan secara default sehingga membuat proses browsing menjadi lebih cepat dan aman.

Meski memblok seluruh iklan, web browser berbasis Chromium ini sebenarnya tak sepenuhnya anti iklan. Ya, seperti dilansir oleh BusinessInsider (20/1/16), Brave akan mendeteksi di mana iklan harusnya ditempatkan dan menetapkan iklan baru pada target yang seharusnya.

Caranya adalah dengan memanfaatkan tag yang didapat dari riwayat browsing pengguna. Jadi, setiap tag dari riwayat browsing pengguna yang berkaitan dengan sebuah iklan akan di direct oleh sistem sehingga pengguna hanya akan melihat iklan yang sesuai dengan minatnya dan dijamin tidak akan mengganggu pengalaman browsing.

Kendati bebas iklan, Eich mengungkap dalam sebuah wawancara dengan Business Insider bahwa pengiklan masih akan mendapat keuntungan. Eich mengatakan jika pengiklan akan mendapat keuntungan sekitar 55 persen dari iklan yang dipasangnya, sedangkan 15 persen sisanya akan masuk ke Brave

Lalu 15 persen keuntungan lainnya akan masuk ke ke mitra pemasok iklan. Sementara 10 sampai 15 persen keuntungan akan otomatis menjadi hak milik pengguna.

Disebutkan, jika Brave akan mulai tersedia akhir tahun ini. Nantinya, Brave akan tersedia dalam versi desktop baik Mac dan PC, serta perangkat mobile baik Android maupun iOS.

WHAT TO READ NEXT ?