CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 14 Januari 2016 07:00

Tak laku, Mozilla akhirnya nonaktifkan sistem login Persona

Terhitung mulai 30 November 2016 nanti, Persona sudah tak bisa diakses.

Tak laku, Mozilla akhirnya nonaktifkan sistem login Persona

Techno.id - Mozilla akhirnya secara resmi mengumumkan bakal segera menonaktifkan sistem login besutannya, Persona. Ryan Kelly, software engineer Mozilla melalui sebuah postingan resmi mengungkap bahwa layanan yang telah dirilis sejak tahun 2011 itu akan resmi tak bisa lagi diakses mulai 30 November 2016 mendatang.

Seperti dilansir oleh Softpedia (12/1/16), sejak dirilis pertama kali Persona memang tak banyak menarik minat pengguna. Padahal, sistem login ini menawarkan begitu banyak kemudahan, salah satunya adalah login ke beragam akun dengan satu email dan password yang terintegrasi.

Lebih lanjut, dalam postingnya Kelly menjelaskan jika setelah tanggal 30 November nanti semua layanan host pada domain persona.org akan ditutup. Setelah tanggal itu, semua data pengguna yang disimpan pada server persona.org akan dihapus dan pihak Mozilla berjanji tak akan membocorkan data pribadi pengguna ke pihak ketiga.

Untuk menampung kebutuhan pengguna di masa transisi ini, pihak Mozilla dilaporkan telah menerapkan sistem login khusus yang bakal memudahkan pengguna bermigrasi ke sistem otentikasi lainnya. Untuk lebih lengkapnya, Kelly menjelaskan bahwa sistem login khusus ini bisa diakses di halaman wiki khusus yang berisi tata cara untuk beralih dari Persona sebelum benar-benar dinonaktifkan pada 30 November mendatang.

Sekadar informasi, Persona merupakan proyek ketiga yang dinonaktifkan oleh Mozilla sejak setahun yang lalu. Sebelumnya, pihak Mozilla telah menonaktfikan email client Thunderbird dan menarik Firefox OS dari pasar smartphone.

Persona
© 2016 Mozilla

WHAT TO READ NEXT ?