Ini dia alasan Android Pay bakal lebih sukses ketimbang Apple Pay

Ini dia alasan Android Pay bakal lebih sukses ketimbang Apple Pay

Techno.id - Pasca peluncuran Android Pay di konferensi Google I/O 2015 kemarin, banyak pihak yang menerka-nerka proyeksi inovasi ini ke depannya. Apalagi, Apple Pay, yang lebih dulu ada, sudah menghadang di depan.

Menurut analisis dari TechRadar.com (01/06/15), Android Pay berpeluang untuk meraih kesuksesan besar nantinya. Alasan utamanya ialah sistem penyempurnaan dari Google Wallet ini bisa digunakan oleh banyak unit gadget.

Sebagaimana dikabarkan sebelumnya, Android Pay hanya membutuhkan dukungan dari OS Android 4.4 KitKat serta chip NFC untuk bisa beroperasi. Jumlah unit handset dengan spesifikasi itu tentu tak sedikit karena faktanya, mayoritas gadget Android saat ini berisi OS KitKat. Persentasenya terakhir mencapai 39,8 persen.

Di sisi lain, Apple Pay secara kasat lebih bersifat layanan eksklusif. Sebab, cuma peranti iPhone 6, iPad Air 2, iPad mini 3, serta Apple Watch yang sementara ini dapat memanfaatkan Apple Pay.

Akan tetapi, penentuan sukses atau tidaknya Android Pay bergantung pada ekspansi globalnya nanti. Namun, publik perlu menunggu beberapa saat untuk mengetahuinya. Pasalnya, baik Apple Pay maupun Android Pay saat ini masih beroperasi terbatas di Amerika Serikat.

(brl/red)