CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 12 April 2016 18:00

Google rilis Voice Access, fitur unik teruntuk pengguna disabilitas

Fitur ini akan hadir dalam beberapa waktu ke depan secara gratis di Google Play.

Google rilis Voice Access, fitur unik teruntuk pengguna disabilitas

Techno.id - Setelah minggu lalu Twitter dan Facebook yang meluncurkan fitur khusus untuk pengguna tunanetra, kini Google juga dilaporkan telah merilis fitur serupa yang khusus ditujukan untuk pengguna disabilitas. Raksasa teknologi asal Redmond itu dilaporkan telah merilis fitur bernama Voice Access yang diklaim dapat membantu pengguna dengan gangguan motorik mengoperasikan ponsel Android dengan suara saja.

Seperti dilansir oleh Google via blog resminya (11/4/16), fitur baru yang sedang dalam tahap penguji cobaan ini kabarnya dapat membantu pengguna dengan gangguan motorik mengoperasikan fitur-fitur penting dan utama pada ponsel Android. Ya, dengan fitur ini maka pengguna bisa membuka aplikasi tertentu, scroll layar ponsel, dan juga memilih beberapa item pada layar dengan suara saja.

Contohnya, Anda bisa mengatakan "Buka aplikasi Chrome" dan secara otomatis ponsel Android bakal membuka aplikasi yang dimaksud tanpa Anda perlu menyentuh ikon di layarnya. Anda juga bisa menavigasi ponsel Android dengan perintah suara seperti "Klik Next" atau juga "Scroll ke bawah" dan sejumlah perintah suara lainnya.

Menariknya, fitur ini kabarnya juga bakal memberlakukan metode penomoran pada menu dan aplikasi. Jadi, saat akan mengakses menu atau aplikasi tertentu maka pengguna hanya perlu menyebutkan perintah apa yang diinginkan lalu menyebutkan nomor untuk merujuk aplikasi atau menu apa yang ingin diakses.

Selain merilis fitur Voice Access, Google kabarnya juga berencana merilis versi preview aplikasi Vision Settings yang akan dihadirkan di Android N untuk mempermudah pengguna dengan gangguan penglihatan mengakses OS terbaru tersebut. Google juga dilaporkan bakal memulai debut untuk mengembangkan aplikasi baru yang ditujukan untuk para pengembang bernama Accessibility Scanner.

WHAT TO READ NEXT ?