Google Play Store penilaian aplikasi dengan usia akan hadir di ponsel

Google Play Store penilaian aplikasi dengan usia akan hadir di ponsel

Techno.id - Bulan Maret lalu, Google telah memperkenalkan sistem penilaian aplikasi di Play Store berdasarkan usia. Sistem rating baru Google meliputi penilaian resmi dari badan International Age Rating Coalition (IARC). Selain itu, terdapat pula organisasi lain seperti Entertainment Software Rating Board (ESRB), Pan-European Game Information (PEGI), Australian Classification Board, Unterhaltungssoftware Selbstkontrolle (USK) and Classificao Indicativa (ClassInd).

Sistem rating aplikasi berdasarkan ESRB, saat ini hanya bisa ditemui di Google Play Store versi website. Namun, kabarnya akan segera muncul dalam versi mobile juga. Google Play Store terbaru mencantumkan label pada setiap aplikasi. Misalnya, sebuah aplikasi di Play Store memiliki label E atau Everyone, berarti aplikasi tersebut bisa digunakan oleh seluruh pengguna mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, seperti dikutip dari PhoneArena (29/5/15).

Sekarang, para pengembang juga tak bisa sembarangan bila ingin mengajukan aplikasi ke Play Store. Pihak pengembang akan diberikan serangkaian penilaian kualitas dan kelayakan aplikasi yang mereka buat. Bahkan, pengembang juga diwajibkan mengisi kuisioner ketika hendak mengajukan aplikasi ke Play Store. Kuisioner ini bertujuan untuk menentukan aplikasi yang dibuat pengembang layak untuk usia berapa, anak-anak, anak muda, atau orang dewasa.

Google Play Store penilaian aplikasi dengan usia akan hadir di ponsel

(brl/red)