'Find My iPhone' kini juga hadir di Android!

'Find My iPhone' kini juga hadir di Android!

Techno.id - Seperti namanya, Find My iPhone adalah aplikasi yang didesain khusus oleh Apple untuk melacak keberadaan dari segala jenis gadget Apple (iPhone, iPad, iPod touch, Mac) melalui perangkat yang berbeda. Tak hanya itu, aplikasi ini juga mampu melindungi data dengan cara membunyikan alarm, mengunci layar, dan bahkan menghapus data.

Faktanya, fitur-fitur canggih yang ditawarkan oleh Find My iPhone sejauh ini telah berhasil membuat aplikasi ini menjadi salah satu Utility unggulan di App Store. Di samping memiliki hasil yang akurat, aplikasi ini juga terlihat lebih unik dan ekslusif karena tidak tersedia di halaman lain selain App Store.

Namun kini, bukan tidak mungkin bahwa keunikan Find My iPhone tersebut bakal tersaingi oleh aplikasi baru buatan Google. Bagaimana tidak? Aplikasi bernama Android Device Manager ini juga menawarkan fitur yang mirip seperti Find My iPhone, yaitu melacak keberadaan gadget khusus Android melalui GPS sekaligus memberi tahu pengguna melalui suara alarm.

'Find My iPhone' kini juga hadir di Android!

Cara kerja dari Android Device Manager sangatlah sederhana. Pengguna cukup membuka Google omnibox dan mengetikkan kata "find my phone" untuk menampilkan posisi sementara smartphone Android Anda melalui Google Maps. Agar aplikasi ini dapat bekerja secara akurat, perlu diketahui bahwa fitur GPS di perangkat Android Anda harus dalam keadaan aktif.

'Find My iPhone' kini juga hadir di Android!

Namun sayangnya, untuk saat ini masih ada dua fitur Find My iPhone yang belum tersedia di Android Device Manager. Kedua fitur tersebut di antaranya adalah mengunci layar dan menghapus data dari jarak jauh. Android Device Manager kini sudah tersedia di halaman Play Store dan dapat diunduh dengan gratis.

(brl/red)