3 Game untuk mengasah otak Anda

3 Game untuk mengasah otak Anda

Techno.id - Banyak yang menganggap jika terlalu banyak bermain dengan smartphone ataupun perangkat lainnya membuat kita menjadi malas dan bodoh. Memang ada benarnya, namun bagaimana jika dengan bermain dengan perangkat tersebut malah membuat Anda semakin pintar. Nah, ternyata banyak aplikasi yang bisa membuat Anda menjadi pintar, seperti yang dilansir oleh PCworld.com (14/04/15), ada 3 aplikasi yang bisa Anda mainkan di perangkat Anda yang bermanfaat untuk mengasah otak Anda. Berikut 3 aplikasi yang bisa mengasah otak Anda:

Lumosity

3 Game untuk mengasah otak Anda

Aplikasi game ini nenawarkan permainan yang menyenangkan untuk Anda. Bukan hanya itu, ternyata game ini dapat membuat Anda menjadi lebih pintar. Pasalnya, game ini dikatakan game untuk otak karena dikembangkan oleh ahli neuroscientist yang memang ditujukan untuk melatih ingatan, perhatian, dan lainnya. Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan, game ini mampu meningkatkan kemampuan kognitif penggunanya. Selain itu, game ini akan mengingatkan Anda untuk memainkannya selama 15 menit setiap harinya. Sederhananya, Anda akan selalu diingatkan oleh game ini untuk 'olahraga otak' setiap hari selama 15 menit.
Aplikasi game ini tersedia gratis untuk Anda pengguna platform iOS dan Android. Namun, Anda dapat membayar Rp 160rb per bulan untuk mengakses lebih banyak permainan dan melakukan pelacakan lebih dalam tentang hasil yang Anda dapatkan.

Elevate

3 Game untuk mengasah otak Anda

Game ini hampir sama dengan Lumosity, jika Lumosity banyak menggunakan bentuk dalam permainannya, Elevate lebih banyak menggunakan kata-kata lisan maupun tulisan. Aplikasi game ini juga dibuat oleh neuroscientist untuk menguatkan otak Anda pada pemahaman dan fokus. Jika dibandingkan dengan Lumosity, Elevate lebih menyenangkan dengan tampilan animasi dan warna-warna cerah yang mengesankan.
Aplikasi ini gratis untuk perangkat iOS dan Android Anda, Namun, dapat juga membayar sebesar Rp 65ribu per bulan untuk mengakses lebih banyak permainan yang bisa mengasah otak Anda.

Personal Zen

3 Game untuk mengasah otak Anda

Nah, jika Anda sudah memainkan game di atas untuk mengasah otak Anda menjadi lebih pintar, sekarang waktunya untuk Anda memainkan Personal Zen. Game ini tidak seperti Lumosity dan Elevate, Personal Zen lebih dikhususkan untuk mengurangi stres dan kecemasan Anda. Permainan dalam Personal Zen membuat Anda fokus terhadap hal-hal yang positif, dan hal ini memang diciptakan khusus oleh neuroscientist. Bahkan, dalam sebuah penelitian aplikasi ini sudah terbukti menghilangkan stres dan kecemasan, penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Clinical Psychological Science. Namun, sayangnya aplikasi ini tersedia gratis untuk pengguna iOS saja.

Dengan tiga aplikasi di atas, Anda bisa memilih mengasah otak dengan perangkat canggih Anda atau cara konvensional yaitu membaca. Anda pilih yang mana?

(brl/red)