Cara pindah lagu dari iTunes ke perangkat Android via Play Music

Cara pindah lagu dari iTunes ke perangkat Android via Play Music

Techno.id - Jika Anda baru saja beralih dari perangkat mobile iOS ke perangkat mobile dengan OS Android, mungkin Anda merasa kesusahan untuk memindahkan lagu-lagu yang berada dalam perpustakaan musik iTunes ke perangkat Android terbaru Anda tersebut. Namun ternyata, memindahkan musik dari perangkat iOS ke perangkat Android tak sesusah seperti yang Anda duga selama ini.

Seperti dilansir oleh PhoneArena (31/5/15), dengan memanfaatkan layanan Play Music dari Google Anda dapat memindahkan lagu dari perpustakaan musik iTunes ke perangkat Android dengan lebih mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengimpor lagu dari iTunes ke fasilitas layanan penyimpanan awan dari Google Play Music.

Langkah 1. Anda harus membuka halaman web dari Google Play Music terlebih dahulu.

Langkah 2. Selanjutnya Anda harus log in terlebih dahulu menggunakan akun Google Anda.

Langkah 3. Setelah log in akan tampil persyaratan layanan yang harus Anda setujui.

Langkah 4. Setelah proses log in selesai, Anda harus benar-benar memastikan bahwa akun Google Play Music Anda telah terkait dengan kartu kredit. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pihak Google memverifikasi data karena ketentuan hak unduh musik di setiap negara berbeda-beda.

Langkah 5. Setelah proses di atas telah selesai, maka Google Play Music akan mendeteksi apakah pernagkat Anda memang benar memiliki perpustakaan musik di iTunes.

Langkah 6. Periksa tombol yang bertuliskan "Keep Google Play up to date when I add new music to these folders"

Langkah 7. Anda bisa meninggalkan browser Anda dan biarkan Play Music mengunggah files musik Anda ke fasilitas penyimpanan awannya. Waktu yang dihabiskan untuk mengunggah file berbeda-beda antara satu pengguna dengan pengguna lainnya, tergantung dengan seberapa besar ukuran file yang hendak Anda pindahkan.

Langkah 8. Setelah proses unggah selesai, silakan buka aplikasi Play Music di perangkat Android Anda. Kemudian masuk ke Menu > Settings, gulirkan ke bawah dan periksa pilihan menu Automatic Cache, lalu pastikan apakah file musik yang telah Anda unggah tadi telah tersimpan pada server Google Play Music.

Jika seluruh langkah-langkah di atas telah Anda lalui dengan benar, maka Anda sudah bisa menikmati musik dari iTunes Anda secara online di Google Play Music. Namun, jika Anda ingin menikmati musik-musik tersebut secara offline, maka Anda perlu mengkoneksikan perangkat Android Anda ke WIFI dan semua file Anda dari Google Play Server Music akan terdownload secara otomatis.

(brl/red)