CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 17 Oktober 2015 10:00

Cara mudah ubah program default di Windows 10

Dengan cara ini, Anda bisa membuka file film misalnya, dengan program lain yang Anda anggap lebih baik.

Cara mudah ubah program default di Windows 10

Techno.id - Chandra Wijaya

Seperti pada versi Windows sebelumnya, setiap kali Anda hendak membuka sebuah file maka secara otomatis file akan terbuka di program default bawaan Windows 10. Misalnya, saat hendak membuka file film maka secara otomatis file tersebut akan terbuka di Windows Media Player.

Nah, jika Anda ingin membuka file di program lainnya yang Anda anggap lebih bagus dan menawarkan fitur yang lebih baik maka perlu dilakukan perubahan Settings Windows supaya dapat membuka program pilihan selain program default secara otomatis. Ingin tahu bagaimana caranya? Ikuti saja langkah-langkah berikut ini.

Pertama-tama buka menu Settings terlebih dahulu yang bisa Anda temukan saat membuka Start Menu atau dengan menekan tombol logo Windows di keyboards. Setelah itu, buka menu System kemudian Default Apps seperti pada gambar di bawah ini.

Setelah Anda memilih menu Default Apps, maka Anda bisa melakukan perubahan Settings program default pada Windows 10 dengan beberapa cara seperti berikut ini:

Berdasar Kategori

Di Windows 10 ada tujuh kategori utama untuk aplikasi yakni Calendar, Email, Maps, Music Player, Photo Viewer, Video Player, dan Web Browser. Untuk mengubah pengaturan program default-nya maka Anda bisa langsung klik pada masing-masing kategori dan pilih program yang Anda lebih sukai dari pilihan tampilan yang disediakan.

WHAT TO READ NEXT ?