Baru seminggu dirilis, Windows 10 sudah 'dibobol'

Baru seminggu dirilis, Windows 10 sudah 'dibobol'

Techno.id - Sebelum dirilis, Microsoft pernah menegaskan bahwa upgrade gratis ke Windows 10 hanya dapat dilakukan oleh pengguna Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1 genuine (orisinal). Dengan kata lain, pengguna Windows non-genuine yang tetap memutuskan untuk upgrade, maka tak akan mendapatkan dukungan teknis.

Kini setelah hampir satu minggu dirilis, sebagian pengguna Windows non-genuine justru melaporkan hal sebaliknya. Sebagaimana dikutip dari Venture Beat (29/07/2015), mereka mengaku telah memiliki Windows 10 berstatus "activated" dari hasil upgrade Windows palsu.

Para pengguna itu pun menjelaskan bahwa mereka menggunakan aplikasi bernama "Get Windows 10" untuk melakukan proses upgrade. Menariknya, mereka bahkan tak membutuhkan semacam crack tool sama sekali. Bahkan, serial number Windows 10 yang didapat bisa digunakan di kemudian hari.

Kendati demikian, ada beberapa pengguna (Windows palsu) lainnya yang ternyata gagal mencoba langkah tersebut. Dengan kata lain, Windows 10 yang didapatkan tetap berstatus non-genuine karena telah melakukan upgrade dari Windows 7, Windows 8, atau Windows 8.1 palsu.

Sejauh ini, belum ada informasi resmi dari pihak Microsoft terkait hal ini. Namun jika klaim para pengguna Windows palsu tersebut benar, maka pendeteksi orisinal pada Windows 10 akan membaca status Windows menjadi asli ketika sistem operasi sebelumnya telah diaktifkan oleh alat pihak ketiga tertentu.

(brl/red)