Axioo mantap 'kawinkan' Android dan Windows

Axioo mantap 'kawinkan' Android dan Windows

Techno.id - Persaingan di pasar sistem operasi makin genting di pasar perangkat mobile dunia, termasuk Indonesia. Android menjadi raja, iOS terus menempel dan di bagian belakang ada BlackBerry, Windows Phone, serta sistem operasi mobile lainnya.

Namun, bagi Axioo sebagai perusahaan pembuat perangkat persaingan itu tak perlu diambil pusing. Vendor gadget lokal tersebut memilih untuk menghadirkan perangkat tablet multifungsi yang memakai dua sistem operasi sekaligus, Windows dan Android.

Perangkat yang mampu berjalan di atas dua sistem operasi ini mengusung nama Windroid 9G yang dipasarkan di kisaran harga Rp 1,3 juta sampai Rp 2,6 juta. Inovasi ini dilakukan Axioo supaya perusahaannya bisa bertahan di tengah persaingan bisnis yang kian ketat.

"Jika kita tidak membuat suatu produk baru, kita akan tertinggal. Supaya bisa bertahan, kita insiatif membuat ini (perangkat Windroid). Di tengah persaingan OS, ternyata bisa disatukan," ujar Aam Imanullah, National Sales Manager PT Tera Data Indonusa selaku distributor Axioo.

Seri Windroid sementara ini baru berbentuk tablet. Axioo sendiri mengaku belum akan menyediakan smartphone berbasis dual OS. Tak kurang ada empat tablet keluaran Axioo yang dual OS. Windroid 7 dengan dua varian berbeda (Wi-Fi dan Mobile 3G), Windroid 8 dan Windroid 9G.

Inovasi memakai dua sistem operasi yang bisa dipilih dalam satu perangkat sekaligus diklaim jadi yang pertama dilakukan di Tanah Air. "Kebetulan kami yang pertama. Di Indonesia sampai saat ini belum ada yang dual OS seperti ini," tambah Aam di acara gathering komunitas Windroid di Jakarta.

Dalam waktu dekat, Axioo mengaku bakal meluncurkan tablet terbarunya yang juga memakai dua sistem operasi. Langkah ini cukup terbilang berani. Pasalnya, kalangan analis menyebutkan pasar tablet semakin menurun karena digerus smartphone berukuran besar.

"Pasar tablet tergerus karena fungsinya sama seperti smartphone. Makanya kita buat Windroid ini, tablet yang berfungsi layaknya desktop PC. OS Windows yang kami gunakan juga bukan Windows Phone, tapi Windows versi 8 dan 10 yang biasa digunakan di laptop. Dengan demikian, fungsi tablet ini akan sama seperti notebook atau laptop yang cocok untuk para pebisnis," tandas Aam.

(brl/red)