Asuransi di Indonesia tawarkan aplikasi Android dan iOS

Asuransi di Indonesia tawarkan aplikasi Android dan iOS

Techno.id - Teknologi yang semakin berkembang belakangan ini ternyata memacu semangat industri asuransi di Indonesia untuk membuat aplikasi yang memudahkan para nasabah. Aplikasi berbasis Android dan iOS ini digadang-gadang dapat membantu nasabah dalam melakukan proses klaim.

Tika Bisono, psikolog mengatakan bahwa aplikasi asuransi akan memberikan berbagai kemudahan pada nasabah, di antaranya nasabah tak perlu repot-repot membawa mobil yang tertabrak untuk melakukan klaim, mereka cukup mengambil foto dan dikirimkan dari aplikasi tersebut.

"Harus diakui, inovasi ini merupakan kemajuan. Industri asuransi memang harus melakukan terobosan agar tidak tertinggal perkembangan teknologi," kata Prof. Sulastri Surono, ekonom dari Universitas Indonesia di Jakarta, Jumat.

Sulastri menambahkan, bahwa aplikasi ini akan mendukung pelayanan asuransi agar semakin prima, seperti dari sisi kecepatan, akurasi, dan kenyamanan, seperti yang dilansir AntaraNews (17/04/2015).

Meski kemudahan telah diberikan, tak menutup kemungkinan kejahatan cyber bisa saja menghampiri. Oleh karena itu, Sulastri menghimbau agar tetap berhati-hati pada orang-orang yang berniat buruk untuk menyalahgunakan aplikasi ini.

Salah satu aplikasi asuransi yang menarik tersebut adalah Malacca EZ, yang diluncurkan PT Malacca Trust Wuwungan Insurance. Aplikasi yang dapat diunduh secara gratis melalui Play Store dan App Store ini menjanjikan pelayanan asuransi terbaik kepada penggunanya.

Menurut Vientje Harijanto, CEO PT Malacca Trust Wuwungan Insurance, Malacca EZ memang memungkinkan melakukan klaim dengan cara mengirim foto bagian mobil yang tertabrak melalui aplikasi tersebut. "Tak perlu menunggu lama, Malacca Call Center Officer akan menghubungi nasabah yang bersangkutan untuk memproses klaim tersebut," kata Vientje.

(brl/red)