Anda tak bisa menghapus sebuah file di Windows? Ini 3 caranya

Anda tak bisa menghapus sebuah file di Windows? Ini 3 caranya

Techno.id - Menghapus sebuah atau banyak file dalam Microsoft Windows sebenarnya bukan cara yang susah. Cara standarnya, Anda hanya perlu menyeleksi file mana saja yang ingin dienyahkan dari hard disk, lalu klik tombol "Delete" pada keyboard atau lewat opsi "Delete" klik kanan dari mouse.

Akan tetapi dalam beberapa kasus tertentu, Anda tak bisa menerapkan cara di atas lagi. Untuk itu, Anda pun perlu melakukan cara lain.

Kira-kira, apa saja ya cara atau langkah alternatif untuk menghapus (termasuk memindahkan) file yang tak bisa dihilangkan dengan cara standar? Berikut pembahasan singkatnya:

Tutup dulu file tersebut jika sedang digunakan

Anda tak bisa menghapus sebuah file di Windows? Ini 3 caranya

Pertama-tama, Anda sebaiknya memahami dulu apa penyebab tak bisa dihapus atau dipindahkannya sebuah file. Nah, jika pop-up window seperti ini yang muncul, tandanya file itu sedang diakses atau dibuka, sehingga tidak memungkinkan untuk "diusik".

Di tahap ini, Anda hanya perlu menonaktifkan file tersebut dan cobalah menghapus atau memindahkannya lagi. Namun kalau masih belum berhasil, coba langkah yang lebih kompleks selanjutnya.

(brl/red)