CONNECT WITH US
Firli Firlani |
 15 Februari 2016 08:00

Analisis: Aplikasi kencan hanya menunggu waktu untuk diretas

Anda harus waspada!

Analisis: Aplikasi kencan hanya menunggu waktu untuk diretas

Techno.id - Anda pengguna aplikasi kencan? Ya, jika memang pengguna aplikasi kencan, ada baiknya saat ini Anda hati-hati untuk menggunakannya. Pasalnya, analisis dari venture Beat melaporkan jika banyak aplikasi kencan populer sangat rentan untuk diretas.

Tim analisis ini tidak menyebutkan apa saja aplikasi kencan tersebut, namun mereka memberikan petunjuk jika beberapa aplikasi ini merupakan 10 teratas dengan pengguna terbanyak. Saat dianalisa dengan menguraikan kode aplikasi dengan ekstrak file tersebut menjadi biner, 100 persen dari semua aplikasi tersebut sangat memungkinkan peretas melakukan reverse engineer.

Selain itu, tidak ada satupun dari aplikasi yang dianalisa memiliki perlindungan untuk mencegah unouthorized decompiling. Tak hanya itu, bahkan semua aplikasi tersebut sama sekali tidak menggunakan komunikasi aman. Sehingga ini menjadi hal yang sangat mudah bagi peretas mencegat data yang dikirimkan antar aplikasi dan server.

Kode-kode tersebut juga tidak disamarkan yang berarti semua informasi akan mudah dibaca, seperti teks biasa. Seharusnya informasi seperti ini mengandung kode untuk menyamarkan data pengguna sehingga menyulitkan hacker untuk mengaksesnya.

Terlebih lagi, para peneliti bisa mendapatkan semua informasi tersebut hanya dalam waktu satu jam saja. Mereka mengakui tidak ada metode unik untuk membobol informasi tersebut, bahkan langkah-langkah ini tersedia di Youtube. Maka dari itu mereka mengatakan jika aplikasi kencan ini hanya menunggu waktu untuk diretas.

Nah, jika Anda pengguna beberapa aplikasi kencan populer, lebih baik Anda tidak memasukkan data yang sensitif karena anggap saja informasi sebagai peringatan untuk Anda.

WHAT TO READ NEXT ?