Telkom sulap kampung Keranggan jadi Kampung UKM Digital

Telkom sulap kampung Keranggan jadi Kampung UKM Digital

Techno.id - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) berencana membina satu juta UKM dengan Program BAGUS Indonesia. Program BAGUS Indonesia sendiri berupa kegiatan edukasi langsung untuk memperkenalkan manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kepada pelaku UKM.

Dengan tujuan agar pelaku UKM lebih mandiri dan modern, Telkom kembali menghidupkan Program Kampung UKM Digital. Program ini akan mengajak masyarakat di wilayah urban dan kampung untuk membuat bisnis lebih maju.

"Konsep Kampung UKM Digital adalah pemanfaatan TIK secara komprehensif dan terintegrasi untuk mendukung proses bisnis yang berjalan dalam satu kampung, sehingga para pelaku UKM yang ada semakin maju, mandiri dan modern," ungkap Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin dalam siaran persnya, seperti disadur dari Merdeka (2/6/15).

Telkom memulai program mulia ini di Galeri UMKM milik Koperasi Cipta Boga Kampung Keranggan, Setu Kota Tangerang Selatan. "Dukungan Telkom terhadap pengembangan UKM Kampung Keranggan adalah sejalan dengan program Pemkot Tangerang Selatan berupa pengembangan Ecowisata Cisadane, di mana Keranggan berada tepat di pinggiran Sungai Cisadane dan warga yang ada mayoritas pelaku UKM," tutur Awaluddin menjelaskan pemilihan Kampung Keranggan sebagai pilot project.

Kampung Keranggan terkenal memiliki warga yang kreatif dalam menjalankan bisnis makanan ringan. Kampung tersebut mempunyai 200-an warga yang menjalankan bisnis makanan ringan seperti kripik pisang, enye singkong, opak, rengginang, dan lain-lain.

"Melalui program Kampung Keranggan Goes Digital ini, diharapkan pemasaran produk yang selama ini mengandalkan off-line, kini bisa dilakukan on-line. Pelaku UKM Kampung Keranggan dapat memanfaatkan aplikasi yang disediakan Telkom, seperti BosToko, Jarvis-Store, blanja.com dan www.smartbisnis.co.id," lanjut Awaluddin.

(brl/red)