Telkomsel boyong finalis NextDev Pulang Kampung

Telkomsel boyong finalis NextDev Pulang Kampung

Techno.id - Kompetisi pengembangan aplikasi solusi masalah di tengah masyarakat bertajuk NextDev milik Telkomsel masih terus berjalan. Melalui program lanjutan bernama 'NextDev Pulang Kampung', Telkomsel membawa 20 finalis kembali ke 10 kota asal mereka masing-masing, yang terdiri dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Denpasar, Malang, Pontianak, Makassar dan Gorontalo.

"NextDev Pulang Kampung merupakan upaya Telkomsel untuk membangun ekosistem digital yang berkelanjutan di Indonesia, di mana salah satunya melalui pengenalan digipreneurship atau kewirausahaan di bidang digital," kata Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel.

Adita menyebutkan tujuan digelarnya kegiatan ini ialah untuk menginspirasi para calon developer muda Indonesia di berbagai daerah, serta menjembatani kolaborasi antara duta NextDev dengan pemerintah kota setempat dalam mencari solusi yang tepat untuk kota tersebut. Program NextDev Pulang Kampung akan berlangsung selama dua hari di masing-masing kota.

Pada hari pertama, akan diadakan pameran karya para duta NextDev, di mana mereka akan berbagi pengalaman, melakukan sosialiasi ide dan hasil karya mereka kepada masyarakat luas. Selain itu ada pula seminar Smart City for Smart Generation dengan topik seperti e-Tourism, e-Government, e-Education, e-Transportation dan/atau e-SME.

Di hari kedua, akan diadakan workshop dan simulasi untuk para calon developer maupun developer lokal, dengan topik lengkap dan menyeluruh seputar digipreneurship yang terdiri dari pengembangan aplikasi digital, perencanaan finansial, dan perumusan pemasaran. Seminar dan workshop NextDev Pulang Kampung akan menghadirkan pembicara berpengalaman di bidangnya yang merupakan para ahli keuangan, developer, sampai dengan para diginopreneur.

Program ini akan dimulai pada tanggal 3 Februari 2016, dengan Pontianak sebagai kota pertama yang dikunjungi oleh para pemenang serta finalis The NextDev 2015 dari kota yang bersangkutan. Info lebih lanjut mengenai program NextDev Pulang Kampung dapat dilihat di www.thenextdev.id/new.

Program The NextDev 2015 yang bertemakan Smart City dimulai dengan rangkaian roadshow, di mana lebih dari 400 aplikasi solusi perkotaan berhasil terjaring dari berbagai kota di Indonesia. Sebanyak 20 finalis yang merupakan individu/kelompok developer muda akhirnya terpilih untuk mengikuti serangkaian tahapan yang terdiri dari bootcamp (design, development, distribute), pitching, dan investor meet up.

Pada akhirnya, Rumah Sinau, Gandeng Tangan, dan Jejakku terpilih menjadi tiga aplikasi Smart City terbaik setelah meyakinkan para juri dalam beberapa kriteria, di antaranya dalam hal kerja sama tim, produk/fitur yang ditawarkan, business model yang dipakai, market yang disasar, dan skalabilitas dari aplikasi yang dikembangkan.

Pada bulan Desember 2015 yang lalu, ketiga tim pemenang The NextDev 2015 berkesempatan untuk studi banding ke Korea Selatan bersama Telkomsel dan mengunjungi beberapa perusahaan teknologi yang bergerak di bidang ICT, elektronik serta Smart City seperti Samsung Dlight, Microsoft Korea, IFEZ (Incheon Free Economic Zone) dan Compact Smart City.

Di lokasi-lokasi tersebut, mereka mendapat berbagai ilmu dan melihat secara langsung bagaimana ide teknologi menjadi kenyataan. Perjalanan ini adalah bagian dari hadiah 5M yang didapat oleh para pemenang The NextDev, yang terdiri dari Market Access, Marketing Publicity, Mentoring, Management Trip dan Money.

(brl/red)