Kemitraan Telkom - VMware berikan solusi virtualisasi dan efisiensi

Kemitraan Telkom - VMware berikan solusi virtualisasi dan efisiensi

Techno.id - Dengan kondisi geografis Indonesia yang sangat luas, penerapan layanan always-on menjadi sebuah hal penting dalam menghubungkan pelanggan dan bisnis. Guna menghadirkan layanan terbaiknya, Telkom Indonesia telah menerapkan virtualisasi pada tatanan infrastruktur yang didukung dengan teknologi WMware.

Layanan always-on ini selain diklaim mampu menjangkau lebih dari 100 juta pelanggan, juga diklaim membuat Telkom Indonesia berhasil memangkas waktu gangguan akibat server bermasalah. Selain itu, layanan ini juga dikatakan dapat mendukung terselenggaranya layanan 24x7 serta memangkas biaya kepemilikan secara keseluruhan hingga 40 persen.

"Solusi VMware yang diterapkan menjadikan kami mampu untuk dapat mengelola aplikasi dengan suguhan tingkat ketersediaan dan skalabilitas tinggi, serta jaminan keamanan. Selain itu, kami juga berhasil melakukan optimalisasi serta pengelolaan infrastruktur di level storage, jaringan, cloud hingga komputasi," ujar Sihmirmo Adi selaku Deputy Senior General Manager ISC, Telkom Indonesia.

Tentu saja, Informasi Teknologi (IT) berperan vital dalam menjawab kebutuhan yang terus meningkat seiring dengan posisi Indonesia sebagai salah satu pasar mobile dengan pertumbuhan tercepat dan terbesar di Asia Pasifik.

Atas dasar tersebut, Telkom Indonesia dituntut untuk mampu memanfaatkan infrastruktur mereka yang telah tervisualisasi dalam rangka mendukung terwujudnya pengelolaan serta strategi penyediaan sumber daya IT yang lebih baik lagi.

Berkat manfaat nyata yang diperoleh dari penerapan virtualisasi terutama terkait penghematan biaya dan meningkatnya kelincahan bisnis, Telkom Indonesia berencana untuk semakin meningkatkan jalinan kemitraan mereka dengan WMware untuk mencapai kesuksesan yang lebih luas lagi.

(brl/red)