Kabel optik Telkom Putus di perairan Sarmi

Kabel optik Telkom Putus di perairan Sarmi

Techno.id - Dilansir dari Antara (26/07/15), Kabel optik milik PT Telkom kembali putus di wilayah perairan Kabupaten Sarmi pada Minggu pagi akibat terjadinya gempa bumi.

Hal ini diungkapkan oleh General Manager ICT Network Telkomsel Regional Papua-Maluku Permata Simarmata, dalam dua hari terjadi gangguan terhadap Sulawesi, Maluku, Papua Cable System (SMPCS) yang pertama di perairan Sorong, Papua Barat dan yang terbaru di perairan Sarmi, Papua.

"Kabel optik dari Sabtu (25/7) pukul 14.00 putus di Sorong, tepatnya di 8,6 KM dari Sorong menuju Pantai, tapi itu bisa diperbaiki tadi pagi jam 5," ujarnya dikutip dari Antara.

"Di Jayapura ternyata masih putus juga di Sarmi putus karena dampak gempa yang terjadi tadi pagi, letaknya di 367 KM dari Jayapura menuju ke Sorong," sambung Simarmata.

Akibat dari putusnya kabel optik tersebut, ungkapnya, membuat jaringan seluler dan data di beberapa wilayah mengalami gangguan.

"Merauke tidak terpengaruh, yang terpengaruh Jayapura, Wamena, Keerom," ucapnya.

Namun, untuk mengantisipasi hal tersebut, kini Telkomsel telah mengaktifkan jaringan satelit yang kapasitas datanya jauh lebih kecil dibanding SMPCS.

"Telkomsel telah menyiapkan back up satelit dengan kapasitas 686 MB," katanya.

(brl/red)