CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 3 Maret 2016 14:07

Ekspansi bisnis digital, Telkomsel hadirkan T-Bike

Layanan yang menyasar kelas bisnis ini telah disediakan dalam bentuk aplikasi bagi pengguna smartphone berbasis Android dan iOS

Ekspansi bisnis digital, Telkomsel hadirkan T-Bike

Techno.id - Langkah Telkomsel bertransformasi menjadi perusahaan digital makin mantap lewat pembangunan ekosistem DNA (device, network dan application). Perusahaan ini baru saja meluncurkan layanan machine to machine (M2M) terbaru berupa aplikasi otomotif T-Bike.

Telkomsel T-Bike
© 2016 Techno.id/Denny Mahardy

Layanan baru ini diklaim mampu memonitor, memandu dan mengendalikan sepeda motor jarak jauh dengan memanfaatkan smartphone. T-Bike digadang-gadang sebagai motor tracker pertama yang diluncurkan operator telekomunikasi di Indonesia.

"Sepeda motor telah menjadi moda transportasi utama pilihan masyarakat Indonesia. Untuk melengkapi kenyamanan masyarakat dalam menggunakannya, Telkomsel menawarkan inovasi dalam T-Bike sebagai solusi digital terbaik bagi pengendara sepeda motor," kata Jaka Susanta, VP M2M Business Telkomsel.

Keunggulan utama yang ditawarkan T-Bike berupa fitur yang lengkap serta pemasangan yang mudah dan cepat. Pengguna layanan ini hanya memerlukan waktu 10 menit ketika melakukan instalasi perangkat T-Bike yang memakai sistem plug-in device.

Jaka pun menyoroti T-Bike jadi salah satu bentuk aplikasi internet of things (IoT) yang hadir sebagai bentuk dukungan Telkomsel dalam penerapan smart city di Indonesia. Konsep smart city sendiri dilakukan dengan mengintegrasikan teknologi ke dalam segala aspek, termasuk transportasi.

Layanan yang menyasar kelas bisnis ini telah disediakan dalam bentuk aplikasi bagi pengguna smartphone berbasis Android dan iOS. Saat ini, sudah ada 9 perusahaan yang bekerja sama dengan Telkomsel untuk memanfaatkan teknologi motor tracker T-Bike.

"Sudah ada 9 perusahaan yang pakai T-Bike dengan jumlah motornya puluhan ribu. Perusahaan bakalan lebih mudah mengelola kendaraan roda dua mereka yang dipakai sebagai armada bisnis sehari-hari baik dari sisi monitoring maupun perawatan," tandas Jaka.

WHAT TO READ NEXT ?