YouTube Music hadirkan fitur Podcast, nggak kalah keren dari Spotify

YouTube Music hadirkan fitur Podcast, nggak kalah keren dari Spotify

Techno.id - YouTube Music resmi merilis fitur Podcast. Sebelumnya Head of Podcasting Kai Chuk, pada Februari lalu telah mengumumkan akan hadirnya fitur podcast ke YouTube Music. Kemudian pada akhir April 2023, YouTube berhasil merealisasikannya.

Fitur Podcast dalam YotuTube Music untuk pertama kali bisa dicoba pengguna yang berada di wilayah Amerika Serikat saja. Namun developer mengklaim bakal meluncurkan fitur ini untuk seluruh pengguna YouTube Music di berbagai negara. Bahkan hal ini dikonfirmasi melalui unggahan di dalam laman resmi Support Google.

Melalui laman resmi Support Google, konten-konten siniar dalam fitur Podcast dapat dijumpai di tab Podcast. Menu tersebut hadir di bagian Home dan Explore di YouTube Music. Dengan demikian, fitur Podcast sangat mudah ditemukan pengguna.

Lantas bagaimana fitur baru ini bekerja? Berikut techno.id sajikan ulasan fitur Podcast yang berhasil diluncurkan dalam YouTube Music, pada Sabtu (24/4).

Pihak developer memberikan penjelasan, bahwa fitur Podcast dapat dinikmati pengguna premium maupun gratisan. Podcast dapat didengarkan dan dilihat baik itu secara online maupun offline. Pengguna juga dapat menikmati Podcast dengan format audio maupun video. Bahkan pengguna juga bisa mendengarkan Podcast dipilih sembari membuka aplikasi lain, tanpa harus pemutaran berhenti.

YouTube Music hadirkan fitur Podcast, nggak kalah keren dari Spotify foto: support.google.com

Pengalaman mendengarkan Podcast melalui YouTube Music tentu akan berbeda. Biasanya pengguna hanya bisa menikmati Podcast secara biasa, atau memantengi layar pemutaran YouTube. Namun dengan adanya fitur baru ini, pengguna bisa menikmati Podcast sambil mengunci layar, membuka aplikasi lain, hingga rebahan.

Namun sayangnya, YouTube tidak memberikan informasi secara detail terkait dengan adanya iklan untuk pengguna gratis ataukah tidak, baik itu sebelum Podcast diputar maupun di selingan video saat diputar.

YouTube juga tidak memberikan keterangan lebih lanjut mengenai fitur yang diboyongnya ke platform musik ini. Apalagi Google sebenarnya sudah mempunyai fitur Google Podcast. Akan tetapi platform tersebut sudah mulai ditinggalkan.

YouTube Music hadirkan fitur Podcast, nggak kalah keren dari Spotify foto: Support.google.com

Dengan adanya fitur Podcast ini, persaingan antar aplikasi penyedia layanan hiburan bagi pengguna semakin ketat. Tentu akan ada persaingan cukup kompetitif di dalam layanan streaming musik on-demand dengan konten berjenis siniar.

Fitur Podcast di dalam YouTube Music dinilai bakal bersaing dengan Spotify. Sebagai informasi, Spotify mempunyai lebih dari 500 juta pengguna di seluruh dunia. Dengan hadirnya fitur baru YouTube Music ini, bukan tidak mungkin pengguna akan beralih ke YouTube. Apalagi mereka menawarkan layanan siniar gratis. Berbeda dengan Spotify yang memerlukan biaya berlangganan.

YouTube Music hadirkan fitur Podcast, nggak kalah keren dari Spotify foto: Support.google.com

Belum jelas negara mana saja yang akan disambangi YouTube untuk fitur Podcast TouTube Music-nya. Namun pihak developer menjanjikan dalam waktu dekat fitur ini bisa dinikmati pengguna YouTube selain di negeri Paman Sam tersebut. Fitur ini akan tersedia untuk pengguna premium maupun gratis melalui menu atau tab Podcast dalam aplikasi beranda YouTube Music.

(brl/red)